Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Jumpa F-15 dan F-35A di Jepang. Mana Unggul?

Militer.or.id – Jumpa F-15 dan F-35A di Jepang. Mana Unggul?.

Jet tempur F-15C Eagle yang bermarkas di Kadena, Jepang. © Lukegetsno via Wikimedia Commons

Militer.or.id – F-35 telah terbukti seperti apa yang telah dikecamkan oleh para kritikus karena kurangnya kemampuan “dogfight“, reputasi yang sudah menghantui jet tempur siluman tersebut selama bertahun-tahun.

Seperti dilansir dari laman Defense News, di langit Pangkalan Udara Kadena di Jepang, para pilot F-35 mendapatkan kesempatan untuk membuktikan para pencela itu salah.

Pada bulan Oktober, lebih dari 300 penerbang dan 12 jet tempur F-35A dari Pangkalan Udara Hill, Utah, tiba di Jepang, menandai peluncuran perdana F-35 Angkatan Udara AS ke kawasan Asia-Pasifik.

Sejak saat itu, para penerbang berfokus pada pertarungan udara-ke-udara yang jarang dilakukan pada jet tempur siluman generasi kelima F-35, yang lebih dikenal oleh karena kemampuan udara-ke-darat.

“Ruang udara berada di atas perairan, jadi jauh lebih sulit untuk melihat ke bawah dan melihat daratan atau hal-hal seperti itu. Plus, F-15 Eagle ada di sini”, kata Kapten Ryan Fantasia, mengacu pada skuadron tempur F-15C/D Eagle yang berbasis di Kadena, Jepang.

Pilot F-35A berlatih dengan F-15C/D di mana saja di sekitar Jepang, dari beberapa kali sebulan hingga beberapa hari dalam seminggu, kata Kapten Fantasia kepada Defense News pada bulan Februari. Kadang-kadang latihan tersebut bersama dengan F-15 AS dari skuadron tempur ke-44 dan ke-67 di Kadena, dan kadang-kadang pilot F-35 juga berlatih dengan F-15 dari Pasukan Bela Diri Udara Jepang.

Sekarang, para pilot itu belajar tidak hanya dari para penerbang F-35 yang lebih luas yang berbasis di Hill AFB, tetapi pilot F-15 dari Kadena, yang pelatihannya terdiri atas taktik dan teknik yang telah diwariskan dan disempurnakan selama hampir 4 dekade.

“Melalui pelatihan itu, kami benar-benar mengambil keuntungan bersama dari latihan”, kata Fantasia. “Dapat melihat kemampuan yang berbeda setiap orang dan akhirnya menempatkannya ke dalam sebuah skenario yang cair, itu benar-benar memungkinkan untuk keberhasilan diluar sana dan banyak peluang untuk belajar dari satu sama lain”.

Selama penerbangan terakhirnya, Kapten Fantasia berhadapan dalam pertarungan satu lawan satu yang memungkinkannya berlatih manuver tempur dasar seperti putaran G tinggi, tanjakan tinggi dan gerakan sudut-serangan tinggi yang lebih menguntungkan dalam pertarungan jarak dekat.

Kapten Fantasia tidak mengatakan apakah dia melawan F-15 atau F-35 lainnya, tetapi bahkan jet tempur generasi keempat yang lebih tua masih dapat menjadi tantangan dalam sebuah pertempuran udara.

F-15C telah cukup lama sebagai jet superioritas udara utama bagi Angkatan Udara AS, sejak diperkenalkan pada 1970-an hingga 2005, ketika jet tempur generasi kelima F-22 diturunkan. F-15 terkenal karena rekor pertempuran udaranya yang luar biasa, tercatat tak pernah kalah.

Sementara itu rekor jet tempur siluman F-35 melawan pejuang generasi keempat tidak selalu mendapatkan perhatian positif. Pada tahun 2015 lalu, laman situs War Is Boring mengungkap lima halaman singkat yang ditulis oleh pilot uji F-35, yang menulis bahwa jet tempur siluman telah kalah dalam pertarungan melawan F-16.

Karena pilot mengemudikan F-35 terlalu lambat dan terlebih lagi jet tempur siluman ini tidak cukup bermanuver untuk mampu menghindari atau menembak jatuh F-16, tulis laporan itu.

Pada saat itu, Departemen Pertahanan AS membela F-35 dengan menunjukkan bahwa jet tempur siluman F-35 yang terlibat dalam pengujian adalah model yang sangat awal dengan kemampuan penerbangan terbatas hanya 5,5 G. Jet tersebut juga tidak dapat menampilkan banyak sistem misi, lapisan siluman atau fungsi layar helm yang dianggap oleh beberapa orang sebagai fitur yang mendefinisikan F-35, yang sekarang ini tersedia secara luas.

Pada bulan Februari, F-35A di Kadena mendapatkan perangkat lunak blok 3F terbaru, versi kemampuan tempur lengkap yang memungkinkan pesawat untuk menerbangkan seluruh kemampuan penerbangan dan manuver hingga 9 G.

Kapten Brock McGehee, penerbang F-15 AS di Kadena membandingkan F-35 dengan saudara generasi kelimanya, F-22 Raptor. Keduanya adalah pesawat siluman, membuat mereka sangat sulit dideteksi dari jarak jauh.

Tetapi dalam pertempuran jarak dekat, F-15 akan menggunakan F-22 dan F-35 secara berbeda, katanya. Dia menolak untuk membahas spesifik yang dapat mengungkapkan taktik, teknik dan prosedur yang dapat memberikan petunjuk kepada musuh tentang strategi terbaik kedua jet siluman tersebut.

“F-22, jika Anda pernah menyaksikan demonya, itu bisa berputar. Ini konyol”, katanya. “F-35, ternyata berbeda. Jadi [manuver] semacam itu  menyadarkan kita tentang apa yang akan dilakukan secara berbeda”.

Bisakah F-15 mengalahkan F-35 dalam dogfight?

“Menurut saya, kadang-kadang”, kata McGehee, menambahkan bahwa kadang-kadang semua jet tempur dapat kalah dalam pertempuran udara dan ada berbagai alasan untuk itu.

McGehee menambahkan bahwa bagian dari itu adalah pesawat dan sebagian dari itu adalah manusia di pesawat terbang. AS punya beberapa pilot yang sangat berbakat di sini yang bisa memberikan serangan pada pilot lainnya. Pilot yang memahami pesawat dengan sangat baik dan terampil, tak peduli apa yang ia terbangkan, maka ia akan bisa mengalahkan jet tempur apapun.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *