Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Kunjungan Dankormar di Seoul dan Pohang Korsel

Militer.or.id – Kunjungan Dankormar di Seoul dan Pohang Korsel.

Dankormar Mayjen TNI Marinir Bambang Suswantono, menghadiri puncak latihan Ssang Yong ‘18, juga diterima dengan upacara militer di ROKMC HQ di Baran, mengunjungi 1st Mardiv HQserta Education and Training Group HQ yang berada di Pohang.

Korea Selatan, Militer.or.id – Kegiatan kunjungan Dankormar ke Korsel pada kesempatan ini adalah dalam rangka menghadiri undangan dari Commandant of ROKMC untuk menyaksikan hari “H” puncak latihan Ssang Yong ’18 sekaligus sebagai tindakan reciprocal atas kunjungan Commandant of ROKMC ke Korps Marinir pada bulan Desember 2017 tahun lalu.

Selain menghadiri puncak kegiatan latihan Ssang Yong ‘18, Dankormar juga diterima dengan upacara militer di ROKMC HQ yang berada di Baran, mengunjungi 1st Mardiv HQserta Education and Training Group HQ yang berada di Pohang.

Ssang Yong Exercise merupakan kegiatan Latgabma Operasi Amfibi untuk melatih taktik, teknik, prosedur dan interoperabilitas yang dilaksanakan 2 tahun sekali antara Angkatan Laut dan Korps Marinir Korsel dengan beberapa negara sahabat Korsel dalam rangka menghadapi kontinjensi di Kawasan semenanjung Korea.

Pada kesempatan latihan tahun ini, Ssang Yong Exercise diikuti oleh Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru dan tentunya Korea Selatan selaku tuan rumah.

Delegasi Korps Marinir Indonesia sebagai berikut :

  1. Dankormar Mayor Jenderal TNI Marinir Bambang Suswantono,S.H., M.H., M.Tr (Han).
  2. Asops Dankormar Kolonel Marinir Y Rudy Sulistyanto.
  3. Pabandya Lat Sops Kormar Mayor Marinir Arief Bastian Sanusi.
  4. Ibu Alike Prasanti dan Pendamping Jalasenastri Ibu Noer Indah Hidayati.
  5. Bertindak sebagai perwira pendamping adalah Athan RI di Korea Selatan Kol Laut (E) A. A. B. Oka Wirayudhatama, S.T.

Kegiatan Delegasi Kormar TNI AL Senin, pada 2 April 2018 pukul 22.05 WIB, berangkat dari Bandara Internasional Sukarno Hatta Jakarta menuju Bandara Internasional Incheon.  Pada Selasa, 3 April 2018 pukul 08.00 (GMT + 9) tiba di Korea Selatan, selanjutnya menuju Incheon Amphibious Memorial Hall.

Setelah itu bergeser menuju Militopia Hotel di Seong-Nam, Seoul untuk melaksanakan makan siang, check in dan persiapan kunjungan ke ROKMC HQ.  Pada pukul 16.00 disambut dengan upacara kehormatan oleh Letjen Jun Jin Goo selaku Commandant of ROKMC di ROKMC HQ.

Pada kegiatan ini terlihat bahwa upaya diplomasi ROKMC dipersiapkan dengan baik sekali untuk menghormati Dankormar sebagai tamu kehormatan sekaligus merupakan tindakan reciprocal atas penyambutan yang dilaksanakan terhadap Commandant of ROKMC pada bulan Desember 2017 yang lalu.

Setelah itu dilanjutkan Courtessy Call dan menerima paparan tentang ROKMC. Kemudian pada malam harinya melaksanakan jamuan makan malam di Ramada Hotel pada pukul 18.30. Pada Rabu, 4 April 2018 menuju Pohang dengan menggunakan Korea Train Express.  Selanjutnya mengunjungi 1st Mardiv HQ dan Education and Training Group HQ.

Kemudian melaksanakan jamuan makan malam bersama 1st Mardiv Commander serta Education and Training Group Commander di ROK Marine Hotel. Pada Kamis, 5 April 2018 melaksanakan tour ke kapal perang USS Wasp  dan ROKS Dokdo  menggunakan Heli MV-22 Osprey. Kemudian makan siang bersama Commandant of ROKMC.  Selanjutnya mengunjungi KAAV Battalion serta KAAV Training Simulator.

Setelah itu kembali ke Seoul dengan menggunakan KTX. Pada pukul 20.30 melaksanakan jamuan makan malam di KBRI bersama Panglima TNI serta Dubes RI untuk Korsel. Pada Jumat, 6 April 2018 melaksanakan cultural tour ke Gyeongbokgung Palace dan Cherry Blossom Festival di Seoul. Selanjutnya melaksanakan jamuan makan malam di Lottel Hotel bersama Panglima TNI.

Pada Sabtu, 7 April 2018 pukul 15.30 berangkat dari Bandara Internasional Incheon menuju Bandara Internasional Sukarno Hatta Jakarta. Tiba di Bandara Internasional Sukarno Hatta pukul 21.30 WIB. (marinir.tnial.mil.id)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *