Suriah Serahkan Rudal Serangan AS yang Tak Meledak ke Rusia

Suriah Serahkan Rudal Serangan AS yang Tak Meledak ke Rusia

Militer.or.id – Suriah Serahkan Rudal Serangan AS yang Tak Meledak ke Rusia.

Kapal penjelajah rudal USS Monterey menembakkan rudal Tomahawk di wilayah operasi Armada ke-5 AS, 14 April 2018. Foto angkatan laut oleh Letnan j.g Matthew Daniels. (U.S. Navy photo by Lt. j.g Matthew Daniels)

Damaskus, Militer.or.id, Dua Rudal jelajah yang ditemukan tidak meledak oleh militer Suriah setelah serangan Rudal Amerika Serikat (AS) pada 14 April 2018 telah diserahkan ke Rusia, ujar sebuah sumber di kementerian pertahanan Suriah kepada TASS pada Kamis, 19 April 2018.

“Dua Rudal jelajah yang tidak meledak selama serangan Rudal AS di Suriah semalam hingga 14 April 2018 ditemukan oleh militer Suriah. Keduanya dalam kondisi yang agak baik. Rudal-Rudal ini diserahkan kepada perwira Rusia sehari sebelum kemarin (17 April 2018), “Kata sumber itu, menambahkan bahwa keduanya” dikirim ke Rusia dengan pesawat kemarin (18 April 2018). ”

TASS tidak memiliki konfirmasi resmi mengenai informasi ini dari kementerian pertahanan Rusia. Presiden AS Donald Trump menulis di Twitter pada 11 April 2018 bahwa Rusia harus bersiap-siap untuk serangan Rudal ke Suriah, mengklaim Rudal akan “bagus dan baru dan cerdas”.

Pada tanggal 14 April 2018, Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris Raya mengirimkan serangan besar-besaran ke sasaran-sasaran Suriah tanpa melalui Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Menurut kementerian pertahanan Rusia, serangan Rudal itu dilakukan pada pagi pagi buta pada hari Sabtu.

Kementerian melaporkan bahwa total 103 Rudal jelajah dan udara-ke-permukaan telah ditembakkan, 71 dari mereka ditembak jatuh oleh unit pertahanan udara Suriah. Tiga warga sipil terluka. Tak satu pun dari Rudal itu muncul di zona tanggung jawab sistem pertahanan udara Rusia di Tartus dan Hmeymim. Sistem pertahanan misil Rusia tidak digunakan.

Amerika Serikat, Inggris dan Prancis mengatakan serangan itu merupakan respon terhadap dugaan serangan kimia di Douma Suriah pada 7 April 2018 yang dilaporkan oleh beberapa organisasi non-pemerintah, termasuk White Helmets. Kementerian luar negeri Rusia menganggap itu sebagai berita palsu.  Kementerian pertahanan Rusia menyatakan bahwa White Helmets adalah sumber yang tidak dapat dipercaya dan menyebarkan kebohongan.

Pusat Rusia untuk rekonsiliasi pihak yang bertikai pada 9 April 2018 memeriksa Douma untuk tidak menemukan jejak senjata kimia. Sebelumnya, berbagai agen resmi Rusia berulang kali memperingatkan bahwa persiapan telah dilakukan di berbagai bagian Suriah untuk provokasi dan simulasi serangan kimia yang akan disalahkan pada pasukan pemerintah.

Inspektur OPCW tiba di Suriah pada tanggal 14 April 2018 untuk mengumpulkan sampel baik untuk mengkonfirmasi atau memberhentikan laporan tentang serangan kimia. (TASS).

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *