Yonif Mekanis 202 Juara Halang Rintang di Kodam Jaya

Militer.or.id – Yonif Mekanis 202 Juara Halang Rintang di Kodam Jaya.

Dalam perlombaan Halang Rintang dijajaran Kodam Jaya, tampil sebagai juara pertama Yonif Mekanis 202/Tajimalela, juara kedua Yonif Mekanis 203/Arya Kamuning dan Yonkav-9/SDK sebagai juara ketiga.

Jakarta, Militer.or.id – Segenap prajurit dari Satpur dan Satbanpur jajaran Kodam Jaya bertarung di medan laga Halang Rintang Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha, demi mempertaruhkan kehormatan satuan. Kegiatan yang digelar ini merupakan rangkaian perlombaan oramil yang menjadi agenda rutin Kodam Jaya tiap tiga bulan sekali, Selasa (23/4/2018).

Kegiatan diawali dengan pemanasan dan dilanjutkan doa bersama dipimpin Kajasdam Jaya Kolonel Inf Kukuh Hartono, dengan harapan kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

HARUS BACA :  Latihan Menembak Senjata Berat Yonarmed-7/105 GS Kodam Jaya

Dalam Halang Rintang, para peserta harus berjuang menjadi yang tercepat menyelesaikan 20 rintangan yang bervariatif selayaknya kondisi medan Indonesia, seperti tanjakan balok, dinding tegak, kawat rayapan, dinding potlot, jembatan dan berbagai rintangan lainnya, dengan menggunakan ransel, helm, senjata dan lain sebagainya sesuai standar uji yang diterapkan.

HARUS BACA :  Penataran Astros di Batalyon Armed 1 Kostrad

Asisten Operasi Kasdam Jaya Kolonel Inf M.Zamroni menyampaikan Halang Rintang merupakan sarana untuk melatih anggota dalam menghadapi berbagai kondisi dan bentuk Medan. “Dalam bertempur, selain kemampuan melumpuhkan musuh juga harus menaklukkan iklim, cuaca, medan dan segala bentuk rintangan,”ujarnya.

HARUS BACA :  Putin Minta S-500 Disiapkan untuk Produksi Massal

“Mengatasi rintangan, tidak hanya dibutuhkan kekuatan fisik semata, namun juga dibutuhkan kerja sama dan kepemimpinan sebagai faktor penentu, serta aspek semangat pantang menyerah,”jelas Asops Kasdam Jaya saat memberikan arahan kepada peserta lomba.

Setelah menyelesaikan perlombaan, tampil sebagai juara pertama Yonif Mekanis 202/Tajimalela, diikuti Yonif Mekanis 203/Arya Kamuning dan Yonkav-9/SDK sebagai juara ketiga.

Adapun yang menjadi penilaian dalam perlombaan ini adalah kecepatan waktu tempuh menaklukan rintangan. Prajurit yang terbaik berhak mendapatkan hadiah sepeda motor dan piagam penghargaan dari Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Joni Supriyanto. Hadiah diserahkan langsung oleh Kasdam Jaya Brigjen TNI Herianto Syahputra.

HARUS BACA :  Lokasi Markas Komando Armada 3 Belum Diputuskan
HARUS BACA :  Kapal Perang Angkatan Laut India Akhiri Misi di Sabang

Dalam arahannya, Kasdam Jaya memberikan apresiasi yang tinggi kepada peserta lomba khususnya Yonif Mekanis 202/Tajimalela yang meraih prestasi terbaik. “Kegiatan ini semata sebagai wahana untuk membentuk prajurit Kodam Jaya yang Tanggap, Tanggon dan Trengginas, siap menghadapi setiap tantangan bermental baja, tangguh dan tidak mudah menyerah,”ucapnya.

“Kalian harus tingkatkan prestasi demi kejayaan Kodam Jaya. Berlatihlah secara rutin, bertahap, bertingkat dan berlanjut, sehingga membentuk prajurit yang terbiasa menghadapi tantangan,” jelas Brigjen TNI Herianto Syahputra mengakhiri arahannya.

Hadir dalam kegiatan ini para Wakil Asisten, Kasbrig I/PIK dan para Wakabalkdam Jaya serta para Danyon Satpur dan Satbanpur Jajaran Kodam Jaya. (tniad.mil.id).

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here