Eurofighter Tawarkan Typhoon Hadapi F-35 di Berlin Air Show

Eurofighter Tawarkan Typhoon Hadapi F-35 di Berlin Air Show

Militer.or.id – Eurofighter Tawarkan Typhoon Hadapi F-35 di Berlin Air Show.

Jet tempur Eurofighter Typhoon Angkatan Udara Jerman (Luftwaffe). © bomberpilot (CC BY-SA 2.0) via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Para pejabat Eurofighter menyepelekan kemampuan jet tempur siluman F-35 di Berlin Air Show, dengan menyatakan bahwa Typhoon dari konsorsium non-siluman masih bisa mengalahkan AS dalam kompetisi menggantikan armada jet tempur Tornado Jerman, seperti dilansir dari laman Defense News.

“Stealth hanya 10 persen dari kombinasi kemampuan. Kami masih lebih baik di 90 persen lainnya”, sebut kepala pemasaran Eurofighter Raffael Klaschke pada hari Rabu mengacu pada kemampuan tempur pesawat.

Sementara perusahaan Eurofighter bisa tenang dengan pernyataan baru-baru ini dari Kementerian Pertahanan Jerman bahwa Eurofighter adalah pilihan yang lebih disukai untuk program penggantian Tornado bernilai miliaran dolar mendatang.

No Stealth? No Problem

CEO Eurofighter Volker Paltzo menimpali argumen bahwa Eurofighter Typhoon akan menjamin kejelasan terus di pasar pesawat militer Eropa. “Saya ingin menggarisbawahi bahwa setiap euro dihabiskan untuk Eurofighter di Eropa akan tetap di Eropa”, katanya kepada wartawan.

Para eksekutif juga menekankan bahwa pesawat Eropa akan bebas dari “kotak hitam” apa pun, sebuah rujukan pada harapan bahwa semua rincian teknologi dan operasional akan tetap dimiliki oleh Eropa, yang mungkin tidak demikian dengan F-35.

Para pendukung F-35 telah menyebut bahwa pesawat tempur siluman generasi kelima dan kemampuan canggih lainnya untuk pertempuran dalam serangan jarak jauh dan penetrasi ke dalam, dan ada beberapa di Jerman, terutama di Angkatan Udara, yang percaya bahwa teknologi Eropa belum dapat menandinginya.

Pada saat yang sama, pesawat lanjutan apa pun yang dipilih oleh Berlin untuk armada Tornado yang memiliki kekuatan sekitar 90 unit diharapkan menjadi jembatan menuju perkembangan baru, meningkatkan pertanyaan apakah akuisisi pesawat AS yang mahal akan menjadi investasi yang bernilai.

Klaschke mendeskripsikan stealth sebagai “kemampuan niche” menambahkan dengan anggukan pada kompetisi F-35 “Kami tidak takut”.

Para pejabat kurang bersedia mendiskusikan kemampuan senjata nuklir yang diharap dari Eurofighter Typhoon, yang akan diambil dari Tornado. Paltzo menunjuk perihal ke “kerahasiaan” dalam membahas topik, mengacu pada Kementerian Pertahanan untuk mendapatkan informasi.

Yang jelas adalah bahwa bagaimanapun Eurofighter Typhoon akan dapat meneruskan janji Jerman untuk menyebarkan senjata atom AS atas perintah NATO, terang Paltzo.

Sementara itu Departemen Pertahanan AS harus menyatakan soal pasangan pesawat-senjata, CEO mengatakan bahwa dia tidak mengharapkan AS untuk mempengaruhi keputusan jet tempur Typhoon terhadap produk industrinya sendiri.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *