Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Beli Su-35, Mattis Ingin Indonesia Tidak Kena Sanksi

Militer.or.id – Beli Su-35, Mattis Ingin Indonesia Tidak Kena Sanksi.

Jet tempur multiperan Su-35S Flanker-E Angkatan Udara Rusia. © Russian MoD via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Menteri Pertahanan AS Jim Mattis memperdebatkan keringanan untuk membiarkan sekutu dan mitra AS menghindari sanksi karena membeli senjata dari Rusia. Langkah itu bisa termasuk memberi Turki dan India izin pembelian sistem pertahanan udara S-400 yang canggih, seperti dilansir dari laman Military.com.

Dalam sidang Komite Angkatan Bersenjata di Senat AS pada hari Kamis, 26 April, Jim Mattis mengatakan “pengecualian keamanan nasional” harus dilakukan demi CAATSA untuk kepentingan jangka panjang AS.

“Ada beberapa negara di dunia yang mencoba untuk berpaling dari senjata dan sistem yang sebelumnya bersumber dari Rusia”, katanya.

Negara-negara yang sama, katanya, saat ini perlu menjaga jalur pasokan terbuka dari Moskow untuk mengisi kembali sistem warisan mereka.

“Kita hanya perlu melihat India, Vietnam dan beberapa negara lain untuk mengakui bahwa pada akhirnya kita akan menghukum diri kita sendiri di masa depan dengan kepatuhan yang ketat kepada CAATSA”, kata Mattis.

Mattis pun mencontohkan Indonesia, yang telah menjadi bagian yang semakin penting bagi strategi keseluruhan di Asia Tenggara dalam pemerintahan Trump.

“Indonesia, misalnya, berada dalam situasi yang sama, mencoba beralih ke lebih banyak pesawat tempur kita, sistem pertahanan kita, tetapi mereka harus melakukan sesuatu untuk mempertahankan legacy militer mereka”, kata Mattis.

CAATSA disahkan oleh Kongres tahun lalu untuk menghukum Rusia atas invasinya ke Crimea, yang memberikan dukungan kepada separatis di Ukraina, dan keterlibatan di Suriah. Presiden AS Donald Trump meragukan sanksi terhadap Rusia, dengan enggan menandatangani RUU tersebut Agustus tahun lalu.

Mattis meminta Kongres untuk memasukkan “pengecualian keamanan nasional” dalam Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional untuk tahun fiskal 2019 tetapi tetap mengakui bahwa penjualan sistem S-400 Rusia menyebabkan banyak kekhawatiran.

Presiden Rusia Vladimir Putin berada di Ankara pada awal bulan ini untuk memperkuat usulan penjualan sistem S-400 senilai $ 3 miliar, yang disebutnya sebagai “pembunuh F-35” alias “F-35 killer” bagi sekutu NATO yakni Turki.

Sekutu AS dan NATO telah memperingatkan Turki bahwa sistem S-400 tersebut tidak kompatibel dengan sistem NATO lainnya, namun Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah bersikukuh pada kesepakatan itu.

Pekan lalu, Asisten Menteri Luar Negeri AS Wess Mitchell mengatakan kepada Komite Urusan Luar Negeri bahwa Turki mempertaruhkan sanksi di bawah CAATSA, dengan menambahkan bahwa itu juga dapat diputus dari membeli Joint Strike Fighter F-35.

India juga berada di tahap akhir dari potensi $ 5 miliar untuk mengakuisisi sistem rudal S-400, yang dijuluki sebagai Sa-21 Growler oleh NATO. India memulai tawar-menawar dengan Rusia pada penjualan S-400 setelah saingan regional China menandatangani pembelian sistem S-400.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *