Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Kapal Perang Thailand Kunjungi Surabaya

Militer.or.id – Kapal Perang Thailand Kunjungi Surabaya.

Kapal perang Thailand yang akan turut dalam event MNEK 2018 4-9 Mei mendatang di Lombaok ini disambut Asops Danlantamal V Kolonel Laut (P) Heri Winarno mewakili Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H.

Surabaya, Militer.or.id – Usai 3 kapal Singapura meninggalkan Surabaya, kini giliran satu Kapal perang Negeri Gajah Putih, Thailand yang berkunjung dan sanadar pada Selasa 1 Mei 2018 di Pelabuhan Jamrud Utara, Tanjung Perak, Surabaya.

Kapal perang yang dikomandani CDR Issarayangyun ini, tiba pukul 9.00 wib. Kedatangan kapal perang yang akan turut dalam event Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 4-9 Mei mendatang di Lombaok ini disambut Asisten Operasi Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Asops Danlantamal) V Kolonel Laut (P) Heri Winarno mewakili Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H.

CO Task Force Unit CAPT Kran yang turut dalan Kapal perang AL Thailand HTMS Krabi-551 ini, menjadi perwira yang mewakili AL Thailand dalam kunjungnnya ke Indonesia. Turut hadir dalam penyambutan HTMS Krabi 551 ini Kadispotmar Lantamal V, Kadispen Lantamal V, Kadisyahal Lantamal V, Palaksa Denma Lantamal V, Perwakilan Pamen Lantamal V dan Athan Thailand CAPT Narate Wongtrakoon.

Sedangkan pasukan terdiri dari 10 Pama Lantamal V, satu Peleton Ba/Ta Lantamal V, satu Peleton Ba/Ta Koarmatim, satu Unit Korsik Lantamal V dan 15 pers tim Merplug Lantamal V. Kapal perang AL Thailand HTMS Krabi-551 ini, adalah kapal yang diresmikan pada 26 Agustus 2013.

Kapal ini berjenis patroli yang memiliki panjang 90,5 m, lebar 13.5 m (44 ft 3 in), dengan pengerak 2 × MAN 16V28/33D diesel engines, 14,700kW/10,950HP, 2 shafts 2 × controllable-pitch propellers, kecepatan 25 kn (46 km/h), dan mampu berlayar selama 35 hari.

Kapal perang ini juga dilengkapi dengan radar Variant surveillance buatan Thales, radar kontrol Lirod Mk2 fire, 1 × Oto Melara 76 mm gun, 2 × 30mm MSI guns, 2 × Machine guns juga mampu membawa satu unit helikopter. Kedatangan Komandan kapal HTMS Krabi-551 disambut dengan Pengalungan bunga dan dilanjutkan dengan menyaksikan Tarian selamat datang khas Jawa Timuran yaitu “Tari Ngremo”.

Asops Danlantamal V yang diberikan kesempatan menyampaikan sambutannya mengucapkan selamat datang di Surabaya kepada Komandan HTMS Krabi-551 dan kru di kota Surabaya, Semoga Komandan dan seluruh anggota bisa melepas lelah walaupun hanya sesaat.

Sementara CO Task Force Unit CAPT Kran menyampaikan ucapan terimakasih kepada Komandan Lantamal V Surabaya atas sambutan yang hangat ini. Selanjutnya Komandan HTMS Krabi-551mengundang seluruh pejabat TNI AL yang menyambut untuk berkunjung ke dalam Kapal HTMS Krabi.

Sesuai rencana, Kapal perang HTMS Krabi-551 akan sandar di Dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya selama 3 hari dan akan melaksanakan beberapa kegiatan antara lain melaksanakan kunjungan Kehormatan kepada Pangarmatim, melaksanakan kunjungan Kehormatan kepada Komandan Lantamal V Surabaya dan melaksanakan jamuan makan malam, setelah itu mereka akan bertolak menuju Lombok. (Pen Lantamal V).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *