F-35 Pertama Turki Dijadwalkan Tiba Juni

0
331

Militer.or.id – F-35 Pertama Turki Dijadwalkan Tiba Juni.

Formasi jet tempur siluman F-35A Angkatan Udara AS. © US Air Force via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Turki telah memesan 30 unit jet tempur F-35A buatan AS serta bermaksud untuk memesan lebih dari 70 unit tambahan sebagai bagian dari proyek Joint Strike Fighter (JSF) yang melibatkan 10 negara dan memproduksi berbagai versi pesawat, seperti dilansir dari laman Anadolu.

Dua jet tempur F-35A pertama pesanan Turki dijadwalkan akan tiba pada tanggal 21 Juni, menurut laporan kantor berita Anadolu yang mengutip sumber pertahanan.

HARUS BACA :  Marinir Indonesia Jajaki Tank BT-3F Amfibi

Dua orang penerbang Angkatan Udara Turki saat ini sedang berlatih di Amerika Serikat untuk menerbangkan pesawat jet tercanggih ke Turki dengan diiringi pesawat tanker di belakangnya.

Jet tempur F-35, yang akan dikerahkan pada Kommando Pangkalan Utama Jet ke-7 di provinsi timur Malatya di Turki, akan menggantikan armada jet tempur F-4 dan F-16 yang sudah tua.

HARUS BACA :  Kremlin Setuju BMPT Terminator Memasuki Layanan

Pada bulan Desember 2017 lalu, Pentagon mengatakan bahwa Italia dan Turki akan menyediakan perawatan awal dan mesin jet tempur F-35 mereka.

Sementara itu, Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Eropa dan Eurasia Wess Mitchell sebelumnya memperingatkan bahwa pembelian dari rudal pertahanan udara S-400 oleh Ankara dari Rusia dapat mencerminkan secara negatif kepada keputusan Washington untuk memasok F-35 kepada sekutu NATO-nya.

HARUS BACA :  Command Post Exercise Garuda Shield-11

Washington, sedang berusaha membujuk Turki untuk membeli rudal permukaan-ke-udara MIM-104 Patriot buatan AS, mengutip ketidakcocokan S-400 dengan standar NATO.

Moskow dan Ankara menandatangani perjanjian pinjaman untuk mengakuisisi empat sistem rudal pertahanan udara jarak jauh S-400 pada bulan Desember 2017 yang lalu. Pengiriman awal sistem rudal canggih buatan Rusia ke Turki direncanakan pada kuartal pertama tahun 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here