Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Irak Mengganti Armada Abrams dengan T-90S Rusia

Militer.or.id – Irak Mengganti Armada Abrams dengan T-90S Rusia.

Tank tempur utama T-90S buatan Rusia © cell105 via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Tank tempur utama T-90S buatan Rusia yang baru saja tiba di Irak beberapa waktu lalu, telah dikirim ke unit yang sebelumnya mengoperasikan tank M1A1 Abrams buatan AS.

Dilansir dari IHS Jane, Kementerian Pertahanan Irak (MoD) telah mengumumkan untuk memutuskan mengganti armada tank M1A1 Abrams buatan AS dengan tank T-90 buatan Rusia pada tanggal 6 Juni.

Dikatakan bahwa sebanyak 39 unit tank T-90S telah diserahkan kepada Brigade 35 dari Divisi Lapis Baja ke-9 untuk melengkapi dua batalion. Dikatakan pula, para perwira dan awak unit telah dilatih dengan bantuan Rusia dan tank Abrams mereka ditransfer ke Brigade 34.

Brigade 34 telah terlihat mengoperasikan armada T-72, tank yang menjadi basis untuk pengembangan tank T-90S Rusia.

Sebelumnya diberitakan oleh Defence Blog, bahwa batch pertama tank tempur utama T-90S dan T-90SK baru-baru ini tiba di pelabuhan laut Irak. Sumber lokal di Irak telah merilis gambar yang menunjukkan tank baru buatan Rusia diangkut dalam konvoi.

Batch tersebut disiapkan untuk dikirim ke pelanggan pada bulan Desember 2017. Rusia telah memulai pengiriman batch pertama dari tank tempur utama (MBT) T-90S ke Irak berdasarkan kontrak pemerintah-ke-pemerintah pada tahun 2014 silam.

Menurut kontrak tersebut, Irak telah memesan sebanyak 73 tank T-90S dan T-90SK termasuk kendaraan khusus untuk memperbaiki dan mengangkut tank.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *