Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

AMCA India Diharapkan Terbang Perdana 2032

Militer.or.id – AMCA India Diharapkan Terbang Perdana 2032.

Advanced Medium Combat Aircraft (AMCA) © India MoD via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Advanced Medium Combat Aircraft (AMCA), jet tempur medium siluman modern India, diperkirakan akan melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2032, tulis media India pada hari Senin, seperti dilansir dari laman The Hindu.

“AMCA akan menampilkan geometrik siluman dan awalnya akan terbang dengan dua mesin GE-414. Setelah kami mengembangkan mesin sendiri, maka itu dapat diganti. Kami mengharapkan penerbangan perdana pada tahun 2032”, menurut sumber itu, seperti dikutip oleh surat kabat The Hindu.

Sumber tersebut juga menambahkan bahwa AMCA mungkin nantinya akan memasukkan materi siluman.

Jet tempur AMCA itu akan dilengkapi dengan mesin GE-414, yang sekarang ini sedang dirancang dalam proyek Light Combat Aircraft (LCA) alias pesawat tempur ringan Tejas, menurut sumber itu.

Jet tempur AMCA sekarang ini adalah satu-satunya pesawat generasi kelima yang tersisa dalam pembangunan setelah sebelumnya proyek gabungan India-Rusia dibekukan, kata outlet media asal India tersebut.

Proyek Pesawat Tempur Generasi Kelima (FGFA) adalah bagian dari kebijakan pemerintah India saat ini, yang dijuluki “Make in India”. Rusia dan India awalnya sepakat untuk bersama-sama merancang jet tempur generasi kelima, tetapi proyek tersebut ditunda lebih awal saat itu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *