Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Dua F-35 RAAF Akan Tiba Pada Bulan Desember – Militer.or.id

Militer.or.id – Dua F-35 RAAF Akan Tiba Pada Bulan Desember – Militer.or.id.

Jet tempur siluman F-35A Angkatan Udara AS dalam formasi © US Air Force via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Pangkalan Udara Williamtown akan menjadi tempat bersejarah untuk Angkatan Bersenjata Australia ketika dua unit F-35A pertama dari 72 pesanan, tiba untuk menetap secara permanen pada hari Senin, 10 Desember 2018, seperti dilansir dari laman media Australia, Examiner.

Bukan tanpa kontroversi, menyusul ada klaim penundaan waktu dan ledakan anggaran, pesawat yang akan dioperasikan oleh Skuadron Ke-3 menurut Komandan Wing Darren Clare.

Seorang juru bicara Departemen Pertahanan Australia mengatakan bahwa pengerjaan infrastruktur yang diperlukan di Pangkalan Udara Williamtown untuk rumah JSF sedang berlangsung “namun komponen yang diperlukan untuk menyambut kedatangan dua pesawat pertama telah selesai”.

“F-35A ini akan secara bertahap memasuki layanan untuk menggantikan armada F/A18-A/B Hornet Klasik, dengan kemampuan operasional terakhir dari Hornet yang diharapkan akan berakhir tahun 2023”, kata juru bicara.

Menanggapi masalah kebisingan yang akan ditimbulkan oleh pengoperasian F-35, juru bicara mengatakan bahwa ada profil kebisingan yang berbeda antara yang lama serta yang baru.

“F-35A adalah pesawat tempur bermesin tunggal, sedangkan F/A-18 adalah pesawat bermesin ganda. Perkiraan Eksposur Kebisingan Australia yang kini diperbarui akan diterapkan pada Pangkalan Udara Williamtown untuk dapat mengakomodasi profil kebisingan yang berbeda”, lanjutnya.

Itu tidak semua berjalan mulus bagi pemerintah federal sejak pengumuman awal pada tahun 2012 bahwa itu akan menghabiskan AU $ 17 miliar untuk membeli 72 pesawat baru, serta penundaan yang disebabkan oleh gangguan teknis dan bengkaknya biaya.

Pilot dan personel pemeliharaan Angkatan Udara Australia (RAAF) telah disematkan di unit Angkatan Udara AS dan bermitra dengan Lockheed Martin dalam persiapan untuk kedatangan pada 10 Desember mendatang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *