Manila Tertarik Membeli Gripen – Militer.or.id

Manila Tertarik Membeli Gripen – Militer.or.id

Militer.or.id – Manila Tertarik Membeli Gripen – Militer.or.id.

Jet tempur JAS 39 Gripen Angkatan Udara Afrika Selatan (RAAF) © Bob Adams via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Setelah melakukan studi dan penelitian menyeluruh, Departemen Pertahanan Nasional (DND) kemungkinan besar akan membeli jet tempur supersonik multiperan JAS-39 Gripen buatan Swedia untuk Angkatan Udara Filipina (PAF), seperti dilansir dari kantor berita resmi Filipina, Philippine News Agency.

Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana membuat pengungkapan ini dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Philippine News Agency (PNA) di sela-sela peluncuran buku mantan Presiden Fidel V. Ramos di Hotel Manila pada hari Minggu.

Lorenzana mengatakan selain lebih murah, biaya pemeliharaan juga rendah, Gripen telah terbukti sebagai jet tempur supersonik yang sangat baik dengan kecepatan maksimum 2 mach atau dua kali kecepatan suara.

Jet tempur Gripen memiliki konfigurasi sayap delta dan canard dan didukung oleh mesin Volvo RM12. Itu digunakan telah oleh berbagai negara di Eropa, Afrika dan juga Timur Tengah.

PAF telah mencari jet tempur lebih dari satu dekade untuk menggantikan jet pencegat F-5A/B buatan AS yang pensiun pada tahun 2005 karena usia tua dan kurangnya suku cadang.

Karena F-5 ditarik dari layanan, Angkatan Udara mencoba memperoleh pesawat tempur canggih seperti F-16 dari Amerika Serikat, namun tidak ada kemajuan yang dibuat. Dan Lorenzana mengatakan bahwa pemerintah Amerika Serikat kini menawarkan lagi untuk menjual jet tempur F-16 kepada Filipina.

Tawaran itu, diberikan oleh Menteri Pertahanan AS James Mattis ketika sekretaris DND mengunjungi Washington bulan lalu. Lorenzana mengkonfirmasi ada tawaran AS, tetapi mengatakan bahwa jet tempur F-16 terlalu mahal.

Sebagai perbandingan, jet tempur Gripen dengan harga lebih murah akan tetapi punya kemampuan yang sama dengan jet tempur multi-peran lainnya, termasuk F-16.

Setelah pensiunnya F-5 dari layanan, Angkatan Udara Filipina tidak memiliki jet tempur multi-peran dalam gudangnya, meskipun telah membeli selusin jet tempur F-50 dari Korea Selatan, tetapi kemampuannya terbatas dibandingkan dengan Gripen, F- 16 dan pesawat sejenis.

Akuisisi jet tempur multi-sangat diperlukan untuk melindungi wilayah udara negara.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *