Prancis Ungkap Desain Jet Tempur Generasi Ke-6 – Militer.or.id

Militer.or.id – Prancis Ungkap Desain Jet Tempur Generasi Ke-6 – Militer.or.id.

Prancis luncurkan desan jet tempur generasi ke-6 © F. Dosreis via Defence Blog

Militer.or.id – Perusahaan dirgantara asal Prancis, Dassault Aviation ternyata memanfaatkan pameran “Euronaval 2018” tahun ini untuk menampilkan rancangan Jet Tempur Generasi Baru (NGF) yang akan menggantikan armada jet tempur Rafale dan Typhoon sekitar tahun 2035 – 2040, seperti dilansir dari Defence Blog.

Pesawat generasi mendatang dari Dassault tidak memiliki sirip ekor dan desain sayap berbentuk W yang menyapu dan ini menggabungkan teknologi siluman yang sangat canggih dan integrasi dengan sistem informasi.

HARUS BACA :  FC-31 Akhirnya Dipilih Oleh Angkatan Laut China?

Pesawat tempur baru akan memiliki landing gear tipe tricycle untuk landas pacu dan pendaratan. Pesawat udara itu diharapkan akan beradaptasi dengan ancaman udara kontemporer dan mengeksploitasi potensi kecerdasan buatan atau AI.

HARUS BACA :  Jet F-35A Sukses Uji Coba Bom GBU-49 Paveway II

Sangat mungkin bahwa proyek jet tempur generasi baru berkembang sebagai bagian dari Sistem Pertempuran Udara Masa Depan Eropa (FCAS) dan pada akhirnya akan menggantikan generasi pesawat tempur Eurofighter dan Rafale saat ini.

HARUS BACA :  Jet F-35A Sukses Uji Coba Bom GBU-49 Paveway II

Menurut rilis berita yang dikeluarkan pada bulan April 2018, Jerman serta Perancis telah menyetujui persyaratan utama untuk jet tempur baru yang akan menggantikan Eurofighter Typhoon dan Dassault Rafale yang dimulai pada tahun 2040.

CEO Dassault Aviation, Eric Trappier mengatakan, Airbus dan Dassault memutuskan untuk bekerjasama demi memastikan bahwa Eropa mempertahankan kendalinya atas sistem persenjataan masa depannya.

HARUS BACA :  Taiwan Uji Radar Pribumi untuk Buru J-20 China
HARUS BACA :  FC-31 Akhirnya Dipilih Oleh Angkatan Laut China?

Airbus dan Dassault juga mengatakan pentingnya bagi Prancis maupun Jerman untuk meluncurkan studi bersama awal tahun ini sehingga mereka bisa segera mendapatkan demonstran dari teknologi tersebut pada tahun 2025.

Trappier mengatakan jet tempur generasi baru ini tidak akan menjadi salinan pesawat tempur F-35 AS, tetapi akan lebih ambisius dari itu.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here