Militer.or.id – Jet Tempur Su-27 Rusia Cegat Pesawat Amerika Serikat.

doc. Su-27 Rusia. (RAF via commons.wikimedia.org)

Moskow, Militer.or.id   –  Sebuah Jet tempur Su-27 Rusia telah mencegat pesawat mata-mata Angkatan Laut EP-3E Aries di Laut Hitam dan mengawal pergi sesuai dengan persyaratan keamanan dan keselamatan, kata Kementerian Pertahanan Rusia, dirilis TASS, Senin, 5-11-2018.

“Pada tanggal 5 November 2018, sekitar pukul 10 pagi, pesawat patroli udara yang bertugas melihat ancaman udara tak dikenal di atas perairan netral Laut Hitam, yang mendekati wilayah udara Federasi Rusia. Sebuah Jet tempur Su-27 lepas landas dari pangkalan udara terdekat dari unit pertahanan udara yang bertugas.

Pesawat ini mendekati pesawat pada jarak yang aman dan mengidentifikasinya sebagai pesawat pengintai EP-3E Aries Angkatan Laut AS. Para kru pesawat melaporkan identifikasi pesawat pengintai AS dan mengawalnya jauh dari wilayah udara Federasi Rusia sesuai dengan semua persyaratan keamanan dan keselamatan, “kata pernyataan itu.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, setelah pesawat mata-mata AS telah mengubah jalur penerbangannya dari wilayah udara Rusia, Jet tempur Su-27 Rusia kembali ke pangkalannya.

Sebelumnya, layanan pers Komando Angkatan Laut AS Komando Eropa-Afrika menerbitkan siaran pers yang mengatakan bahwa pesawat EP-3E Aries AS yang terbang di wilayah udara internasional di atas Laut Hitam dicegat oleh Su-27 Rusia dan bahwa interaksi itu “bertekad untuk menjadi tidak aman. ”

Menurut militer AS, Su-27 melakukan “lintasan berkecepatan tinggi tepat di depan pesawat misi, yang membuat pilot dan kru kami dalam bahaya.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here