Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Mari Bandingkan Chang Bogo dengan Kapal Selam Lain di Dunia

Kapal Selam Kelas Chang Bogo KRI-Nagapasa-403

Jika dilihat dari ukurannya, kapal selam Kelas Typhoon Rusia masih menjadi kapal terbesar yang pernah dibangun. Sayangnya, hanya ada satu kapal yang masih beroperasi itupun dilakukan sebagai kapal uji rudal.

Typhoon hanya disaingi oleh kapal selam rudal balistik Kelas Ohio milik Angkatan Laut Amerika Serikat. Sebanyak 14 kapal selam ini masih beroperasi dengan satu di antaranya dimodifikasi untuk dihilangkan kemampuannya membawa rudal nuklir. Hal ini sesuai dengan perjanjian pembatasan nuklir dengan Rusia.

Sebenarnya antara Ohio dan Typhoon panjangnya sama, hanya saja beratnya berbeda karena Typhoon lebih gemuk.

Kelas Chang Bogo buatan Korea Selatan, yang tiga di antaranya dibeli Indonesia dengan dua sudah datang ternyata merupakan salah satu kapal selam paling mungil di dunia. Masih jauh di bawah Kelas Kilo Rusia. Jika dibandingkan dengan Typhoon dan Ohio benar-benar terlihat kontrasnya.

Chang Bogo hanya memiliki panjang 56 meter dengan lebar 6,2 meter dan bobot 1.285 ton saat di dalam air.

Sementara Ohio panjangnya tiga kali lipat dari Chang Bogo yakni 170,69 meter dengan lebar 12,8 meter serta berat 18.750 saat berendam.

Typhoon sebagai kapal selam terbesar di dunia memiliki panjang 170 meter (sumber lain menyebut 172 meter) dengan lebar 23 meter atau hampir dua kali lipat dibandingkan Ohio. Berat kapal selam ini mencapai 48.000 ton saat berendam.

Tentu saja tidak bisa membandingkan keduanya karena memang fungsi dan misi yang diemban berbeda. Tetapi ini hanya untuk menambah pemahaman semata.

Bagaimana agar mudah mendapatkan perbandingan ukuran kapal selam tersebut? Grafik berikut akan bisa membantu anda:

 

 

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *