Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

USAF Bergerak untuk Membentengi Titik-Titik Lemah F-35 dari Peretasan

USAF

Angkatan Udara Amerika secara khusus mulai membangun upaya untuk mengisi lubang keamanan cyber di sistem pendukung eksternal F-35, karena mereka dianggap sebagai titik masuk paling mudah bagi peretas ke dalam jet tempur generasi kelima tersebut.

“Ini adalah pesawat berbasis perangkat lunak, dan platform berbasis perangkat lunak apa pun akan rentan terhadap peretasan,” kata Brigjen Stephen Jost, Ddirektur Kantor Integrasi F-35 Angkatan Udara, mengatakan kepada Defense News dalam sebuah wawancara yang dirilis Rabu 14 November 2018.

Layanan ini mempertimbangkan tulang punggung informasi dari pesawat yang sebenarnya – dikelola oleh produsen Lockheed Martin – relatif aman. Itu berkat apa yang Jost sebut “perlindungan keamanan multilayer” mulai dari otentikasi aman ketika menyusun paket data misi untuk setiap pesawat sebelum lepas landas sampai pilot memasukan nomor identifikasi pribadi untuk menghidupkan pesawat.

Jost menambahkan ketika memperhitungkan sistem akun seperti Autonomic Logistics Information System atau the Joint Reprogramming, ada banyak titik kerentanan

Sistem Autonomic Logistics Information, atau ALIS, adalah aplikasi kunci yang dimaksudkan untuk memberikan otomatisasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam memantau status komponen pesawat.

Sedangkan Joint Reprogramming Enterprise mengacu pada laboratorium perangkat lunak pemerintah yang mengumpulkan koleksi karakteristik ancaman terbaru  untuk diunggah ke dalam pesawat sehingga sensornya dapat mengenali target.

Selain itu, para pejabat khawatir tentang simulator penerbangan F-35 yang bisa menjadi target menarik bagi peretas yang mencari informasi tentang pesawat. Pengenalan aplikasi nirkabel untuk pemeliharaan yang lebih mudah pada saluran penerbangan juga bisa menimbulkan kerentanan baru yang harus ditangani

Kantor Akuntabilitas Pemerintah menerbitkan sebuah laporan di peringatan peringatan pada Oktober tentang kerentanan cyber di hampir semua senjata Amerika. Kerentanan ini ada karena banyak sistem dirancang ketika serangan cyber masih dalam tahap awal.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *