Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Mesir Beli Puluhan Ribu Amunisi Tank dari AS

Tank tempur utama M1 Abrams Angkatan Darat AS © US Army via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Departemen Luar Negeri AS lewat Badan Kerjasama Pertahanan Keamanan (DSCA) telah menyetujui kemungkinan Penjualan Militer Asing ke Mesir sebanyak puluhan ribu amunisi 120 milimeter dengan perkiraan biaya sekitar $ 99 juta, seperti dilansir dari laman situs DSCA.

Pemerintah Mesir telah mengajukan permintaan untuk membeli:

  • 46.000 amunisi kaliber 120 mm yang terdiri dari amunisi M831A1 dan amunisi M865
  • 10.000 amunisi generasi ke-4 kaliber 120 mm A4 APFSDS-T
  • 4.500 amunisi 120 mm berdaya ledak tinggi IM HE-T

Termasuk implementasi di lapangan, inspeksi dan pengujian, suku cadang dan bagian perbaikan, peralatan pendukung uji, publikasi dukungan lapangan dan data teknis, dan pelatihan personil serta peralatan pelatihan, program perbaikan komponen, peralatan dan dukungan terkait lainnya dengan perkiraan biaya sebeasr $ 99 juta.

Penjualan yang diusulkan akan berkontribusi pada kebijakan luar negeri dan keamanan nasional Amerika Serikat dengan membantu meningkatkan keamanan negara sahabat yang terus menjadi mitra strategis penting di Timur Tengah.

Penjualan akan meningkatkan kemampuan Mesir untuk memenuhi ancaman saat ini dan masa depan serta memberikan keamanan yang lebih besar untuk infrastruktur kritisnya. Mesir akan menggunakan amunisi HE-T 120 mm untuk menjaga persediaan (stok) amunisi strategis bagi armada tank M1A1 dan juga mendukung operasi melawan militan yang berafiliasi dengan ISIS di Sinai.

Mesir akan menggunakan amunisi latihan sasaran untuk melatih para kru M1A1 untuk prosedur tepat dalam lingkungan pelatihan menggunakan amunisi yang “lebih murah” dibandingkan dengan amunisi taktis sebab amunisi ini tidak dilengkapi dengan bahan peledak atau penetrasi.

Mesir juga telah memproduksi amunisi jenis ini dibawah perjanjian produksi bersama selama 15 tahun. Mesir bermaksud menggunakan amunisi APFSDS-T guna mengganti model yang lebih tua yakni amunisi 120 mm KE-W, KE-W Al dan amunisi KE-W A2 untuk mempertahankan persediaan amunisi strategis bagi armada tank M1A1.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *