Jika India-China-Pakistan Perang Nuklir, Apa Yang akan Terjadi?

Perang nuklir masih menjadi ancaman paling ditakuti oleh penduduk bumi. Sayangnya, semakin banyak negara yang memiliki senjata berbahaya tersebut dan sialnya banyak dari negara-negara tersebut memiliki hubungan yang tidak baik.

Senjata nuklir adalah pembunuh paling tidak punya toleransi. Ledakan senjata ini bisa membawa kehancuran total dan kematian besar dalam waktu sekejab. Belum lagi efek panjang radiasi yang akan dirasakan oleh generasi selanjutnya.

Ambil saja India, China dan Pakistan. India harus dikepung dua tetangga yang memiliki sejarah hubungan tidak baik dan terus berlangsung hingga kini. Perang kerap menjadi ancaman serius akan pecah. Dan ujungnya nuklir menjadi ancaman yang benar-benar nyata.

Pertanyaannya, bagaimana jika perang nuklir yang melibatkan tiga negara itu pecah? Apa yang kira-kira akan terjadi? Data-data mengerikan ini semoga mengingatkan kita untuk terus menghindari hal-hal buruk yang mengancam kita. Kita lihat  beberapa scenario jika perang itu terjadi

HARUS BACA :  Batalkan Penjualan Senjata ke Arab Itu Bodoh, Hanya Untungkan Rusia dan China

Skenario 1: China Lebur Delhi

nuklir 2

  • Perkiraan kekuatan bom: 5 MT
  • Perkiraan Kematian: 3.559.390

New Delhi akan hancur total. Semua bangunan dalam radius 7.83 km menjadi puing-puing, sedangkan radius 2.39 km bola api menguap sebagian materi. Jumlah korban luka akan mencapai jutaan.

Skenario 2: Mumbai Diratakan Pakistan

nukli

  • Perkiraan kekuatan: 45 KT
  • Perkiraan kematian: 292.550
HARUS BACA :  Batalkan Penjualan Senjata ke Arab Itu Bodoh, Hanya Untungkan Rusia dan China

Central Mumbai dibom pada saat puncak jam sibuk. Meskipun bola api hanya memiliki radius setengah kilometer tetapi akan membuat kehancuran total. Radius 2.74 km akan terkena radiasi termal dengan luka bakar tingkat tiga.

Skenario 3: Beijing Dibom Kapal Selam India

HARUS BACA :  “BP” Holding Menyelesaikan Perbaikan Dua Mi-35P Indonesia

nukl

  • Perkiraan Kekuatan: 60 kT
  • Perkiraan Kematian: 116.970

Sebagai pembalasan setelah dibom, kapal selam India INS Arihant yang berpatroli di Laut China Selatan menargetkan ibukota China dengan melesatkan rudak nuklir ke Beijing. Radius ledakan udara dari 1,79 km dan udara di atas tekanan menyebabkan kematian besar dan menghancurkan sebagian besar bangunan tempat tinggal.

Skenario 4: Shanghai Dihancurkan

nukl

  • Perkiraan kekuatan: 60 kT
  • Perkiraan Kematian: 391.500

Kebanyakan gedung pencakar langit di pusat bisnis Pudong New Area, Shanghai akan tersisa menjadi puing-puing dengan setengah-kilometer radius bola api. Lingkaran radiasi 1,68 km radius menyebabkan antara 50% – 90% kematian di daerah yang terkena.

Skenario 5: Islamabad Dihantam Rudal Prithvi

nukli

  • Perkiraan Kekuatan: 60 kT
  • Perkiraan Kematian: 84.890
HARUS BACA :  IRGC: "Iran Tak Ingin Berada di Suriah Dalam Jangka Panjang"

Islamabad hancur total. Mereka yang terkena dampak lingkaran ledakan udara yang paling mungkin untuk binasa. Orang dalam radius 30,5 persegi sekitar ledakan menderita luka parah dan cacat.

Skenario 6: Karachi Jadi Kota Hantu

nukli

  • Perkiraan Kekuatan      : 60 kT
  • Perkiraan Kematian      : 499.210

Kota yang paling padat penduduknya di Pakistan menderita kerusakan parah. Bola api dengan luas beberapa kilometer mengandung hampir 50% dari total energi ledakan, membunuh sebagian besar wilayah. Luka bakar akan dirasakan orang yang berada di radius 5 km dari ground zero.

HARUS BACA :  Dolar Jalan Terakhir, Rusia Alihkan Semua Kontrak Senjata Menggunakan Rubel
NEXT: EFEK MENGERIKAN SETELAH LEDAKAN

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Nurul Teje
Nurul Tejehttps://www.militer.or.id
Sangat berminat kepada hal hal yang berbau alutsista Rusia dan Soviet. Mampu mendeskripsikan dengan baik pesawat pesawat tempur buatan Soviet dalam diskusi seru. Kontak jika mau ngopi bareng dan berbincang seru.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Eropa Menolak Jadi Arena Perlombaan Nuklir Amerika-Rusia

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here