Sekarang ini, KIA dikawal oleh KN Bintang Laut 4801 yang dikomandani oleh Cap. Margono Eko ke pelabuhan Batam, guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Jakarta, Militer.or.id   – Kapal patroli Bakamla RI KN Bintang Laut 4801 kembali melakukan adhoc terhadap kapal ikan asing (KIA) yang diketahui berasal dari Vietnam dan menggunakan bendera Malaysia, pada Rabu 28-11-2018 ke pelabuhan Batam, Prov. Kepri.

Di dalam KIA tersebut diketahui terdapat 11 anak buah kapal (ABK) yang seluruhnya merupakan warga negara Vietnam. KIA tersebut ditangkap oleh KN Bintang Laut 4801 saat melakukan operasi rutin, Senin 26-11-2018, karena terlihat sedang melakukan aktifitas ilegal.

Berdasarkan pemeriksaan awal, KIA tersebut diduga sedang menangkap ikan secara ilegal di wilayah perairan Indonesia dengan menggunakan alat tangkap jaring apung.

Selain itu, KIA tersebut tidak dapat menunjukkan dokumen yang sah dalam melakukan aktifitasnya. Beberapa dokumen esensial berlayar yang tidak dapat ditunjukkan antara lain Surat Izin Usaha Penangkapan (SIUP), dan Surat Izin Pengangkut Ikan (SIPI) yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Saat ini, KIA tersebut dikawal oleh KN Bintang Laut 4801 yang dikomandani oleh Cap. Margono Eko ke pelabuhan Batam, guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (Humas Bakamla RI).

.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here