Melacak Sejarah Granat Nanas

Melacak Sejarah Granat Nanas

Granat nanas merupakan salah satu senjata yang sangat populer pada masa lalu. Seukuran bola bisball, dilempar dan langsung meledak hebat. Sebagian orang meyakini bentuknya yang seperti nanas adalah sebagai salah satu struktur mematikan. Ketika meledak, bagian-bagian kecil yang menjadi kulit granat akan terlempar dan menyebar untuk menyerang manusia yang dituju.

Tetapi ternyata anggapan itu salah. Menurut t ahli senjata Kevin Dockery, mantan penembak jitu Angkatan Darat, veteran Perang Teluk dan penulis produktif mengatakan bahwa William Mills dari Inggris yang menciptakan granat ini sengaja membentuk granat seperti itu dengan tujuan utama agar mudah dipegang.

“Niatnya adalah dengan berbentuk semacam gerigi tidak akan tergelincir dan lepas ketika dilemparkan. Apalagi ketika tangan basah atau berlumpur,” katanya.

The Mills-Bomb Nomor 5 menjadi granat tangan standar Inggris di tahun 1915. Prancis, Rusia dan Amerika kemudian meniru dengan membuat versi mereka sendiri. Granat nanas Mk. II AS tetap dalam pelayanan ke 1970 sebelum kemudian diganti dengan granat yang berbentuk halus.

Dockery juga mengatakan bentuk fragmen seperti nanas setelah hancur memang akan berubah. Fragment hilang dan jika kemudian pecahan itu menjadi bagian lain dari mematikan hal itu bukan dimaksudkan sejak awal.

“Setelah meledak nanas itu akan menjadi berbentuk persegi seperti sepotong apel,” kata Dockery.

Dan yang pasti dengan bentuk semacam itu proyektil akan semakin berat dan hal itu menjadi keuntungan saat melempar “Fragment itu membuat proyektil lebih berat. Dan proyektil berat perjalanan lebih jauh dari yang lebih ringan satu – yang berarti granat yang lebih berbahaya.

Sumber: War is Boring

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *