Militer Amerika Rekayasa Genetika Binatang Laut untuk Buru Kapal Selam Musuh

Militer Amerika Rekayasa Genetika Binatang Laut untuk Buru Kapal Selam Musuh
Angkatan Laut Amerika / US Navy

Militer Amerika mendukung penelitian yang berfokus pada rekayasa genetika binatang laut untuk tujuan melacak kapal selam musuh.

Penelitian yang didukung oleh Naval Research Laboratory menunjukkan bahwa susunan genetika dari organisme laut yang relatif umum dapat dimodifikasi untuk bereaksi terhadap zat-zat non-alami tertentu, seperti logam atau bahan bakar, yang ditinggalkan oleh kapal selam yang lewat.

“Jika reaksi tersebut melibatkan hilangnya elektron, Anda dapat membuat sinyal elektrik ketika bakteri bertemu dengan beberapa molekul di lingkungan mereka,” Sarah Glaven, seorang peneliti NRL sebagaimana dikutip Defense One.

Dia mencatat bahwa tujuannya adalah untuk menggunakan bioteknologi ini untuk mendeteksi dan melacak kapal selam.

“Kami dapat mencapai ini karena kami memiliki basis data informasi yang sangat banyak yang kami kumpulkan dari pengembangan sistem alami ini,” lanjutnya. “Jadi setelah percobaan di mana kami melihat potensi pengalihan gen, ekspresi gen, jaringan pengaturan, kami menemukan sensor ini.”

Dia mengatakan bahwa bukti kuat bahwa terobosan bioteknologi semacam ini mungkin dan mampu digunakan untuk melayani militer sekitar satu tahun lagi.

Awal tahun ini, Defence Advanced Research Projects Agency (DARPA), badan penelitian dan pengembangan Pentagon, mengungkapkan keinginan untuk memanfaatkan organisme laut untuk memantau saluran air strategis.

“Pendekatan Angkatan Laut Amerika saat ini untuk mendeteksi dan memantau kendaraan bawah laut selalu terpusat pada perangkat keras dan sumber daya yang intensif. Akibatnya, kemampuan ini sebagian besar digunakan pada tingkat taktis untuk melindungi aset bernilai tinggi seperti kapal induk, dan kurang begitu pada tingkat strategis yang lebih luas, ” kata Lori Adornato, manajer untuk program Living Aquatic Living Sensors (PALS) dalam sebuah pernyataan.

“Jika kita dapat memanfaatkan kemampuan penginderaan bawaan organisme hidup yang ada di mana-mana di lautan, kita dapat memperluas kemampuan kita untuk melacak aktivitas musuh dan melakukannya secara diam-diam, secara terus-menerus, dan dengan ketepatan yang cukup untuk mengkarakterisasi ukuran dan jenis kendaraan musuh. ”

Selain itu sudah ada upaya tiga cabang senilai US $ 45 juta di antara para peneliti Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara untuk menggunakan biologi sintetis guna memajukan kemampuan pertahanan AS.

“Tim kami sedang mencari cara untuk memprogram ulang sel-sel yang sudah ada di lingkungan untuk menciptakan platform ramah lingkungan untuk menghasilkan molekul dan bahan yang bermanfaat untuk kebutuhan pertahanan,” kata Dr. Claretta Sullivan, seorang ilmuwan peneliti di  Air Force Research Laboratory’s Materials and Manufacturing Directorate dalam sebuah pernyataan.

Menurut Strategi Pertahanan Nasional 2018 Amerika sekali lagi berada di zaman persaingan kekuatan yang besar yakni China dan Rusia, termasuk dalam kekuatan bawah gelombang.

“Dalam domain bawah laut, margin untuk kemenangan tipis,” kata Adm. James G. Foggo III, komandan Angkatan Laut AS Eropa-Afrika kepada wartawan Pentagon pada bulan Oktober 2018 lalu.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *