Pilot tempur Turki Mayor Halit Oktay untuk pertama kali menerbangkan F-35/AA

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan kepada Presiden Turki Tayyip Erdogan bahwa dia tidak ingin ada masalah dengan penjualan jet tempur F-35 ke Ankara.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu sebagaimana dilaporkan Reuters Rabu 5 Desember 2018 mengatakan hal itu disampaikan Trump pada langsung kepada Presiden Turki Tayyip Erdogan selama pembicaraan pada KTT G20 akhir pekan kemarin.

Berbicara kepada wartawan setelah pertemuan NATO di Brussels, Cavusoglu mengatakan bahwa Turki tidak melihat ada masalah dalam pengadaan jet Lockheed Martin meskipun ada upaya di Kongres Amerika Serikat untuk memblokir penjualan.

Diketahui bahwa Senat Amerika Serikat telah menuntut blokir penjualan penjualan jet ke Turki kecuali Trump menyatakan bahwa Turki tidak mengancam NATO. Senat merujuk pada pembelian peralatan pertahanan yang dilakukan Turki ke Rusia serta penahanan warga Amerika Serikat oleh Ankara.

Diketahui bahwa Senat Amerika Serikat telah menuntut blokir penjualan penjualan jet ke Turki kecuali Trump menyatakan bahwa Turki tidak meneruskan rencananya untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia.

Bahkan Pentagon mengatakan ada kemungkinan Turki akan ditendang dari program F-35 di mana Ankara menjadi salah satu mitra bersama sejumlah negara lain.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here