Pesawat tempur generasi kelima Rusia, Su-57 © Sergei Bobylev via TASS

Militer.or.id – Pesawat tempur generasi kelima buatan Rusia, yakni Su-57 akan dilengkapi dengan rudal hipersonik baru dengan karakteristik yang mirip dengan rudal Kinzhal, menurut sumber industri pesawat terbang yang dilansir dari TASS pada hari Kamis.

“Sesuai dengan Program Persenjataan Negara Rusia untuk tahun 2018 – 2027, pesawat tempur generasi kelima Su-57 akan dilengkapi dengan rudal hipersonik. Para pejuang akan menerima rudal dengan karakteristik yang mirip dengan rudal Kinzhal, namun dengan penempatan inter-body dan ukuran yang lebih kecil”, kata sumber itu.

Sumber itu tak memberikan rincian tentang karakteristik khusus dari rudal baru atau klarifikasi tentang kapan mereka akan di uji-cobakan. Hingga saat ini tak ada satupun konfirmasi resmi dari informasi tersebut yang diperoleh oleh TASS.

Jet pencegat tempur supersonik, MiG-31K Angkatan Udara Rusia membawa rudal jelajah Kinzhal © Alexander Kazakov via Izvestia

Hingga saat, selain pesawat pembom strategis, pesawat pencegat tempur Angkatan Udara Rusia MiG-31K juga dilengkapi dengan rudal hipersonik Kinzhal. Rudal Kinzhal praktis tak dapat dideteksi dengan sistem pertahanan udara moden. Jangkauan rudal ini melebihi 2.000 km.

Menurut sejumlah sumber terbuka, rudal hipersonik Kinzhal ini dirancang atas dasar sistem pertahanan rudal berbasis darat buatan Rusia, Iskander.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here