Pemerintah Pusat Bakal Bangun Bandara di Pulau Sebatik

Pemerintah Pusat Bakal Bangun Bandara di Pulau Sebatik

Militer.or.id – Pemerintah Pusat Bakal Bangun Bandara di Pulau Sebatik.

Bandara di Kalimantan (Balungan Post)
Photo Ilustrasi : Salah satu bandara di Kalimantan (Balungan Post)

Pemerintah pusat mengalokasikan dana Rp1,3 triliun untuk membangun bandara di Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Pembangunan bandara ini telah masuk dalam proyek strategis nasional (PSN).

“Hal itu dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2017,” kata Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie melalui pesan tertulis, Kamis 14 September 2017.

Informasi tersebut diperoleh secara resmi dari Kementerian Perhubungan RI melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Selain dijadikan bandara komersil untuk pelayanan penumpang umum atau komersil, bandara tersebut rencananya dijadikan Pangkalan militer TNI AU.

“Jadi pembangunan bandara di Pulau Sebatik ini berbeda dengan bandara lainnya di Indonesia yang masuk PSN (proyek strategis nasional),” terang Gubernur Kaltara.

Hal ini juga dipertegas lewat arahan Presiden Joko Widodo saat rapat terbatas di Istana Negara beberapa waktu lalu. Bahwa bandara di Pulau Sebatik nantinya difungsikan pula sebagai pangkalan militer.

Namun, kepastian masalah ini masih menunggu rekomendasi dari Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan dan Kementerian Pertahanan. Mengenai hasil studi kelayakannya dan ketersediaan lahan, Irianto Lambrie menyatakan, bentuk bandara sedang dengan “runway” 1.800 meter.

Sumber : MetroNews

FROM INDONESIA
author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *