India Beli 4 Fregat Rusia Seharga $ 3 Miliar

Militer.or.id – India Beli 4 Fregat Rusia Seharga $ 3 Miliar.

Fregat INS Trikand kelas Talwar (Proyek 11356), Angkatan Laut India. © Indian Navy (CC BY-SA 2.5) via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Kementerian Pertahanan India telah menyelesaikan pembahasan dengan Rusia untuk pengadaan 4 (empat) unit fregat peluncur rudal, Krivak IV, Proyek 11356 (Kelas Talwar) yang telah dimodernisasi seharga $ 3,08 miliar, seperti dilansir di laman IHS Jane. (27/2/2018)

HARUS BACA :  Rusia-Kazakhstan Teken Kontrak Empat Mi-35M Tambahan

Sumber resmi mengatakan bahwa 2 (dua) kapal fregat pertama direncanakan dibangun oleh galangan kapal Yantar Shipyard di Kaliningrad, Laut Baltik, Rusia, sedangkan dua kapal lainnya akan dibangun oleh Goa Shipyard Limited (GSL) India sesuai skema alih teknologi (transfer teknologi).

Biaya yang disepakati untuk masing-masing fregat sekitar INR 50 miliar atau sekitar $ 770 juta, menurut sumber industri, serta menambahkan bahwa persetujuan finansial akhir untuk kesepakatan tersebut diharapkan dapat diberikan oleh Komite Keamanan Kabinet India dalam beberapa bulan ke depan.

HARUS BACA :  4 MiG-31 Rusia Terjebak di Bandara Sipil
HARUS BACA :  IRGC: "Iran Tak Ingin Berada di Suriah Dalam Jangka Panjang"

Fregat Krivak IV atau disebut juga kelas Talwar merupakan turunan canggih dari fregat Krivak yang dibangun untuk Angkatan Laut India pada tahun 1999 hingga 2012.

Angkatan Laut India saat ini mengoperasikan 6 unit fregat kelas Talwar (Proyek 11356) dimana 3 yang terakhir telah dilengkapi dengan rudal jelajah anti kapal BrahMos, yaitu INS Teg, INS Tarkash dan INS Trikand.

HARUS BACA :  TAI Tunggu Izin Ekspor Helikopter Serang ATAK

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Letjen TNI Agus Kriswanto Ikuti Tradisi Penerimaan di Makostrad