Thailand Tugaskan 4 Jet Pelatih T-50TH Pertama

Militer.or.id – Thailand Tugaskan 4 Jet Pelatih T-50TH Pertama.

Uji penerbangan jet tempur FA-50 oleh Angkatan Udara Korea Selatan © RoKAF via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Angkatan Udara Kerajaan Thailand telah menugaskan 4 (empat) unit jet pelatih tempur canggih T-50TH yang pertama yang diproduksi Korea Aerospace Industries, seprti dilansir dari Flight Global.

Upacara komisioning tersebut berlangsung pada tanggal 4 April dipangkalan angkatan udara Tarkly, Thailand, menurut keterangan KAI.

HARUS BACA :  Semua Faksi di Yaman Hadiri Pembicaraan Perdamaian di Swedia

Keempat pesawat latih T-50TH tersebut awalnya dipesan pada tahun 2015 silam, tapi pesanan berikutnya untuk 8 (delapan) unit tambahan telah ditempatkan pada tahun 2017 dan akan dikirimkan pada akhir tahun 2019 atau awal tahun 2020.

Angkatan Udara Kerajaan Thailand (RTAF) bermaksud untuk menggantikan armada jet pelatih Aero L-39ZA Albatrol yang telah menua dengan peran sebagai jet latih tempur, SAR tempur, pengawalan termasuk pesawat serang ringan.

HARUS BACA :  Kapal Induk Ketiga Cina Akan Dilengkapi Teknologi Baru
HARUS BACA :  Kenapa S-300PMU2 Iran Bisa Diterobos F-35I?

Berdasarkan data Flight Fleets Analyzer menunjukkan bahwa terdapat sekitar 182 unit T-50 beserta variannya berada dalam layanan secara global, dengan 28 unit lain berada dalam pesanan.

Angkatan Udara Republik Korea atau RoKAF adalah sebagai pengguna terbesar untuk pesawat tersebut dengan total sekitar 145 unit. Sementara operator lainnya termasuk Indonesia (15 unit), Irak (6 unit) dan Filipina (12 unit).

HARUS BACA :  Kecerdasan Buatan Bisa Deteksi Kapal Selam Kilo Rusia?

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.5k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Prajurit Kostrad Latihan Menembak Lintas Datar

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Iran Ingin Tempatkan 100.000 Pasukan di Suriah