Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Kasal Buka 3rd Multilateral Naval Exercise Komodo

Militer.or.id – Kasal Buka 3rd Multilateral Naval Exercise Komodo.

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, mengingatkan latihan ini sebagai pembinaan kekuatan TNI AL sekaligus membangun budaya maritim.

Surabaya, Militer.or.id – Kegiatan internasional 3rd Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 bertajuk “Cooperation to Respons Disaster and Humanitarian Issues“ resmi dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., pada Sabtu 5 Mei 2018 bertempat di Pelabuhan Lembar, Lombok Nusa Tenggara Barat.

Kasal saat membuka kegiatan mengatakan bahwa, latihan bersama antar negara ini mengambil fokus kepada penanganan bencana alam dan masalah kemanusiaan. “Pada dasarnya Latihan ini sebagai pembinaan kekuatan TNI AL, selain itu juga berkaitan dengan implementasi fungsi diplomasi AL, sekaligus dalam rangka membangun budaya maritim karena Indonesia adalah negara maritim yang besar”, ujar Kasal.

Pada rangkaian MNEK 2018 bukan saja latihan bersama, akan tetapi juga diselenggarakan rangkaian kegiatan lainnya seperti Medical Civic Action Project  dan Engineering Civic Action Project yang dilaksanakan di 2 sektor pelaksanaan yaitu di Lombok dan Nusa Penida, Harbour dan Sea phase, City Parade, Maritime Exhibition, Culinary, Mataram Fun Run, City Tour, dan Olahraga bersama dengan seluruh AL negara peserta yang hadir.

Pembukaan MNEK 2018 ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional khas suku sasak “Gendang Beleq” oleh Kasal dan seluruh pemimpin delegasi yang hadir dan juga Gubernur NTB. Selain itu juga dilaksanakan penandatanganan Prasasti MNEK dan Prasasti Terumbu Karang oleh 36 delegasi Angkatan Laut perwakilan negara-negara peserta.

Bukan itu saja, acara ini juga dimeriahkan berbagai antraksi memukau seperti demonstrasi terjun payung dari pasukan elit TNI AL, demo pesawat udara Bonanza (Neptune Flight) oleh para penerbang TNI Angkatan Laut, serta pelaksanaan Fleet Inspection oleh para  dan pimpinan delegasi yang hadir untuk meninjau langsung kapal perang dari negara-negara yang ikut serta dalam kegiatan MNEK 2018.

Turut hadir saat pembukaan MNEK 2018 para pejabat negara dan pejabat tinggi militer antara lain, Menkominfo RI Bapak Rudiantara, Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi, M.A, para pejabat tinggi di lingkungan TNI dan TNI AL, serta tamu undangan lainnya. (Dispen Armatim).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *