Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Uji Terampil Gladi Tugas Tempur Lantamal I Belawan

Militer.or.id – Uji Terampil Gladi Tugas Tempur Lantamal I Belawan.

Adapun beberapa materi Uji Trampil yang dilaksanakan meliputi, Bongkar pasang senjata (Pistol dan Senjata laras panjang SS-1).

Belawan, Sumatera Utara, Militer.or.id – Komando Latihan Komando Armada RI Kawasan Barat (Kolat Koarmabar), melaksanakan Uji Terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalanpada Jmat 11 Mei 2018 di Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan. Kegiatan ini dilakukan guna mencapai tugas pokok Pangkalan dan untuk menguji kesiapsiagaan serta profesionalisme prajurit TNI Angkatan Laut.

Kedatangan Tim Uji Trampil Glagaspur Kolat Koarmabar tersebut, diterima oleh Wadan Lantamal I Kolonel Marinir I Made I Wahyu Santoso, yang dipimpin langsung oleh Dankolat Koarmabar Kolonel Laut (P) Suharto, S.H.,M.Si.(Han) beserta rombongan yang akan melaksanakan Uji Terampil selama Dua hari, yang sebelumnya sudah dilaksanakan di Lanal-Lanal jajaran Lantamal I.

Amanat Danlantamal I yang dibacakan Wadan Lantamal I menyampaikan bahwa sebagai Pangkalan Militer yang termasuk dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT, sudah selayaknya Lantamal I juga memeliki kemampuan tempur yang dapat diandalkan, guna menangkal serangan yang mungkin terjadi.

Untuk itu, Lantamal I akan terus berupaya meningkatkan kemampuanya, baik fasilitas tempur maupun personel pengawak yang menjadi Tupok tersebut. Tugas pokok Lantamal I adalah menyelenggarakan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur-unsur satuan dan kotama TNI AL serta melaksanakan pembinaan potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan keamanan negara di laut dan tugas-tugas lainya.

Dalam pelaksanaan tugas pokok tersebut Lantamal I dituntut untuk memiliki kemampuan seperti halnya kemampuan dukungan logistik dan administrasi, kemampuan pembinaan intelijen, kemampuan pengamanan Laut, kemampuan penyelenggaraan bantuan operasi pada otoritas sipil, kemampuan pertahanan pangkalan.

Untuk mengukur dan menilai tingkat kesiapan pangkalan dalam mencapai tugas yang diembannya diperlukan evaluasi secara bertingkat dan berlanjut. Penyelenggaraan uji Glagaspur Pangkalan tingkat P1 dan P2 merupakan salah satu fungsi komando yang harus dilaksanakan untuk menentukan tingkat kesiapan Pangkalan TNI Angkatan Laut.

Uji trampil Glagaspur tingkat 1/P1 dititik beratkan pada kesiapan perorangan dan kelompok dalam menggunakan peralatan persenjataan masing-masing bagian, sedangkan uji trampil Glagaspur Pangkalan tingkat 2/P2 merupakan kesiapan Pangkalan dalam melaksanakan tugas bersama-sama baik secara teknis sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi.

Adapun beberapa materi Uji Trampil yang dilaksanakan meliputi, Bongkar pasang senjata (Pistol dan Senjata laras panjang SS-1), Isyarat Komunikasi, Ujian Tertulis, Menembak, PBB, PDD Khas TNI AL, Peran Huru-Hara, Peran Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Peran PEK, Renang Militer dan Evakuasi Medis.

Hadir dalam acara pembukaan Para Asisten Danlantamal I, Kadis/Kasatker Lantamal I dan Tim Penilai Kolat. (tnial.mil.id)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *