Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Sekbang A-95 Selesaikan Fase Terbang Malam

Militer.or.id – Sekbang A-95 Selesaikan Fase Terbang Malam.

Komandan Skadik 101 Lanud Adisutjipto Letkol Pnb. Frando L.H Marpaung menekankan bahwa dalam Latihan terbang malam harus dilaksanakan dengan penuh kesungguhan, karena kekurangwaspadaan akan berakibat fatal dan gagalnya tujuan latihan.

Yogyakarta – Komandan Skadik 101 Lanud Adisutjipto Letkol Pnb. Frando L.H Marpaung, MPMDS memimpin acara penutupan terbang malam Siswa Sekbang Angkatan ke-95 Senin (14/5/2018) yang bertempat di Selter Grop Lanud Adisumarmo Surakarta.

Pendidikan bina terbang latih dasar yang diselenggarakan oleh Skadik 101 ini dimaksudkan untuk memberikan pengenalan awal terbang pada malam hari kepada siswa bina terbang latih dasar.  Acara penutupan terbang malam Sekbang dihadiri oleh Komandan Lanud Adisoemarmo Kolonel Pnb Indan Gilang Buldansyah, para Instruktur Penerbang , para siswa sekbang, serta segenap ground Crew.

Komandan Skadik 101 Letkol Pnb. Frando L.H. Marpaung, MPMDS, menyampaikan bahwa pada latihan terbang malam para siswa sekbang harus mampu menguasai teknik dasar terbang malam, mengidentifikasi object malam hari, bagaimana bernavigasi dan menggunakan instrument dalam kondisi visibility minimum serta bagaimana melaksanakan landing pada malam hari.

Lebih lanjut Komandan Skadik 101 Lanud Adisutjipto menekankan bahwa dalam Latihan Terbang malam haruslah dilaksanakan dengan penuh kesungguhan, karena kekurangwaspadaan akan berakibat fatal dan gagalnya tujuan latihan”.

Kita harus peduli dengan membangun budaya safety di setiap kegiatan yang dilaksanakan agar dalam pelaksanaan latihan, dari awal hingga selesainya program latihan dapat berjalan dengan aman, lancar dan mencapai tujuan yang diharapkan.

Pada kegiatan latihan terbang malam kali ini diikuti oleh siswa Sekbang Angkatan 95 berjumlah 43 orang terdiri 37 dari TNI AU, 2 dari TNI AD dan 3 dari TNI AL dan 1 dari Malaysia.

Pendidikan terbang ini dimulai sejak tanggal 30 April 2018, dengan menggunakan pesawat G 120 TPA Grob, selanjutnya akan menempuh fase instrumen hingga navigasi yang bertempat di Lanud Adisoemarmo Surakarta. (tni-au.mil.id)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *