Kerja Sama KRI RE Martadinata dan USNS Rappahannock

Militer.or.id – Kerja Sama KRI RE Martadinata dan USNS Rappahannock.

KRI RE Martadinata saat melakukan UNREP dengan USNS Rappahannock. (photo: Commander U.S. Pacific Fleet).

Laut Cina Selatan, Militer.or.id – Armada Pengisi Minyak Military Sealift Command’s (MSC) USNS Rappahannock (T-AO 204) Amerika Serikat, melakukan underway replenishment  (pengisian) (UNREP), kepada frigat Angkatan Laut Indonesia yang dipandu-rudal di perairan wilayah Indonesia di Laut Cina Selatan, 20 Mei 2018, dilansir situs Commander U.S. Pacific Fleet, 21/5/2018.

USNS Rappahannock, kapal kelas Henry J. Kaiser, memindahkan lebih dari 13.000 galon bahan bakar ke KRI Raden Eddy Martadinata (FFG 33), sebuah guided-missile frigate Martadinata-class Angkatan Laut Indonesia.

KRI RE Martadinata saat melakukan UNREP dengan USNS Rappahannock. (photo: Commander U.S. Pacific Fleet).

“Indonesia adalah mitra penting di kawasan ini dan latihan seperti ini membantu mempromosikan interoperabilitas, meningkatkan kemitraan kami dan meningkatkan teater kerja sama keamanan,” kata Kapten Robert R. Williams, komisaris MSC Far East. “Kami telah bekerja dengan Angkatan Laut Indonesia di berbagai latihan, seperti Kemitraan Pasifik dan Komodo, dan itu adalah peluang besar untuk memupuk hubungan militer-ke-militer dengan mereka. UNREP adalah cara kami membangun hubungan angkatan laut-ke-angkatan laut dengan orang Indonesia. membantu peningkatan kapasitas angkatan laut mereka. ”

HARUS BACA :  Tanggapan Panglima TNI Terkait Kerja Sama Militer Indonesia-Filipina
HARUS BACA :  Rusia Kembangkan Kapal Serbu Amfibi Baru Berbobot 8.000 Ton

UNREP diminta oleh Angkatan Laut Indonesia, setelah mengetahui keberhasilan UNREP dengan Angkatan Laut Malaysia bulan lalu, menurut Cmdr. Dave Cho, petugas operasi, MSC Far East.

Pada bulan April, kapal kargo kering dan amunisi MSC USNS Washington Chambers (T-AKE 11) melakukan UNREP dengan kapal Angkatan Laut Malaysia untuk meningkatkan jangkauan kapal, yang akan memungkinkannya untuk melakukan perjalanan lebih jauh ke timur dan mendukung Rim of the Pacific (RIMPAC) tahun ini.

HARUS BACA :  Australia Approves NASAMS for Short Range GBAD

Latihan RIMPAC yang disponsori oleh Armada A.S. Pasifik, latihan angkatan laut internasional terbesar di dunia, diadakan dua tahun sekali di bulan-bulan musim panas bahkan bertahun-tahun di perairan di sekitar Kepulauan Hawaii dan California Selatan.

UNREP empat setengah jam ini berfungsi sebagai bentuk praktik sebelum partisipasi KRI Martadinata di RIMPAC 2018. KRI Martadinata juga tidak memiliki jangkauan untuk mencapai lokasi RIMPAC dan membutuhkan UNREP.

dok. USNS Rappahannock. (US Navy).

“Kapasitas Angkatan Laut Indonesia untuk mendukung kegiatan TSC lainnya tidak lagi dibatasi oleh jarak,” kata Williams. “Ini akan menjadi bukti musim panas ini selama RIMPAC. Kemampuan UNREP sangat penting bagi kapal yang berpartisipasi dalam acara tersebut. Melalui kerjasama kami sekarang, Angkatan Laut Indonesia akan memiliki kapasitas untuk mendukung RIMPAC dengan kapal kelas Martadinata. ”

HARUS BACA :  Kecelakaan Helikopter Militer Turki, Empat Meninggal Dunia

The USNS Rappahannock saat ini beroperasi di wilayah tanggung jawab armada Angkatan Laut AS ke-7.

HARUS BACA :  KRI dr. Soeharso Tangani Ribuan Korban Gempa dan Tsunami Sulteng – Militer.or.id

MSC mengoperasikan sekitar 115 kapal non-kombatan, kapal sipil yang mengisi kembali kapal Angkatan Laut AS, melakukan misi khusus, mengutamakan secara strategis kargo tempur di lautan di seluruh dunia dan memindahkan kargo militer dan pasokan yang digunakan oleh pasukan dan mitra koalisi AS yang diterjunkan.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here