Lanal Sabang dan Tim SAR Evakuasi Tiga WNA di Pulau Rondo

Militer.or.id – Lanal Sabang dan Tim SAR Evakuasi Tiga WNA di Pulau Rondo.

Jakarta, Militer.or.id, Prajurit Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Sabang bersama Tim SAR Gabungan Basarnas dan BPBD Sabang berhasil mengevakuasi tiga wisatawan warga negara asing (WNA) dan dua nelayan setempat yang mengalami kecelakaan laut saat memancing di Pulau Rondo.

Kronologis kejadian berawal saat para wisatawan ingin berwisata diving dan memancing ikan di kawasan Pulau Rondo dengan menyewa boat, Jumat (22/6/2018). Ketika hendak pulang, tiba-tiba mesin boat mati dan terus berusaha diperbaiki, tetapi tidak berhasil. Waktu terus berlalu hingga malam dan pagi hari, namun boat tidak juga berhasil diperbaiki.

HARUS BACA :  Satgas Yonif 431/Kostrad Evakuasi 20 Jenazah dan Terobos Dearah Terisolir – Militer.or.id

Berdasarkan informasi dari nelayan dan masyarkat sekitar tentang adanya permintaan bantuan pertolongan terhadap kapal yang mengalami kerusakan mesin, maka Danlanal Sabang Kolonel (P) Edi Haryanto memerintahkan KAL Simeulue II-1-26 bergerak ke lokasi untuk melaksanakan evakuasi terhadap 5 orang penumpang boat yang terdiri dari 2 masyarakat lokal dan 3 wisatawan asing berasal dari Irlandia, Kenya dan Jerman.

HARUS BACA :  Pangkostrad Terima Kunjungan Kapolri di Markas Kostrad

Saat mengunjungi korban di Kapal Angkatan Laut (KAL) Sinabang, Danlanal menjelaskan bahwa boat ikan milik kelompok nelayan Jurong Perikanan Gampong Kuta Timu, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang yang disewa oleh 3 orang WNA hanyut akibat kerusakan mesin.

HARUS BACA :  Thai Navy Evaluates Upgraded V-150 Armoured Vehicle

Sesuai informasi bahwa boat nelayan yang digunakan oleh turis asing tersebut disewa sejak hari Rabu lalu, untuk wisata di perairan Pulau Rondo, namun saat berada di sekitar Pulau Rondo boat tersebut mengalami kerusakan bagian mesin dan terapung-apung sejak hari Rabu hingga hari Jumat.

Setelah boat beserta ke-5 orang penumpangnya berhasil dievakuasi, Kemudian ketiga WNA dan 2 nelayan lokal tersebut dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh pihak medis di Rumah Sakit J Lilypoly Lanal Sabang dan pemeriksaan dokumen oleh petugas Keimigrasian dengan hasil dinyatakan tidak ada masalah. (Dinas Penerangan Koarmada I).

HARUS BACA :  Latihan Lintas Medan Prajurit Denma Mako Kormar

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Tembak Reaksi Latihan Pembentukan Raider Kostrad

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here