Heran, Harga Tejas MK-1 Lebih Mahal dari F-16 Blok 70 dan Su-30MKI

Militer.or.id – Heran, Harga Tejas MK-1 Lebih Mahal dari F-16 Blok 70 dan Su-30MKI.

Jet tempur ringan Tejas buatan India dipersenjatai rudal R-73 (AA-11 Archer) © Ajai Shukla via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Euforia dalam membangun pertahanan dengan induksi Light Combat Aircraft (LCA) pribumi ke dalam Angkatan Udara India (IAF) tampaknya telah mereda dan Kementerian Pertahanan India membentuk komite guna memeriksa kenapa harga sebuah HAL Tejas Mark 1A bisa “sangat tinggi”.

Sebagaimana dilansir dari laman Indian Express, narasumber mengatakan bahwa sebagai tanggapan atas permintaan proposal untuk 83 unit jet tempur Tejas MK-1A yang telah dikeluarkan oleh IAF pada bulan Desember tahun lalu, HAL menyebut bahwa harga satu unitnya sebesar 4,63 miliar rupee pada bulan April atau sekitar US $ 67,3 juta. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagi pemerintah, karena harga tersebut jauh lebih mahal dari jet tempur asing yang lebih modern.

HARUS BACA :  AS Setujui Penjualan 34 Jet Tempur F-35 ke Belgia

“HAL memasok jet tempur Su-30MKI yang lebih modern, yang dirakitnya di Nashik, hanya seharga US $ 60,3 juta. Sementara bila itu dipasok dari Rusia maka hanya seharga US $ 48 juta. Gripen Swedia ditawarkan kepada India seharga US $ 66,1 juta sedangkan F-16 Blok 70 AS ditawarkan seharga US $ 55,2 juta dan keduanya akan dibuat di India” menurut sumber tersebut.

Jet tempur multiperan Su-30MKI Flanker-H Angkatan Udara India. © USAF via Wikimedia Commons

Prihatin dengan harga jet tempur pribumi, yang sangat ingin dipromosikan pemerintah di bawah skema Make in India, Komite yang dibentuk oleh Kementerian Pertahanan India ini akan mempertimbangkan harga peralatan militer yang diproduksi oleh PSU pertahanan.

HARUS BACA :  Air Refueling, F-35 dan Super Hornet AS Rusak
HARUS BACA :  Desainer: Su-57 Rusia Gabungkan Fungsi F-22 dan F-35 AS

Komite tersebut akan dipimpin oleh Penasihat Keuangan Utama yang ada di Kementerian Pertahanan dan kemungkinan akan menyerahkan laporannya dalam beberapa minggu ke depan.

Setelah Komite menyerahkan laporannya, kementerian akan membentuk komite negosiasi komersial (CNC) untuk menurunkan harga yang diajukan oleh HAL untuk jet tempur Tejas MK-1A. Kontrak untuk pengadaan 83 unit jet tempur akan memakan waktu satu tahun lagi sebelum akhirnya ditandatangani, menurut sumber itu.

Jet tempur F-16 Blok 40 Angkatan Udara AS. © US. Air Force via Wikimedia Commons

Menurut sumber-sumber, Kementerian Pertahanan juga prihatin tentang keterlambatan pasokan dari pesanan yang ada untuk 40 unit jet tempur Tejas. Dalam 3 tahun terakhir, hanya ada 9 unit jet tempur dalam mode Initial Operational Clearance (IOC) sedangkan yang dipesan adalah 20 unit.

HARUS BACA :  KASAU India: Kami Tidak Tertarik dengan F-35 AS

Pesanan 20 unit jet tempur Tejas lainnya dalam mode Final Operational Clearance (FOC) bahkan masih belum dimulai, karena mode FOC belum tercapai oleh pesawat yang ada. Kementerian Pertahanan India juga telah sepakat bahwa HAL akan memasok 8 unit jet pelatih tempur dari 40 unit pesanan, setelah 36 unit Tejas MK-1 dipasok.

“Rencana adalah bahwa HAL akan bisa menghasilkan 18 unit jet tempur Tejas per tahun. Itulah satu-satunya cara kami dapat memberikan jet tempur kepada IAF sebagai ganti pesawat tempur tua yang saat ini ada dalam layanan. Tetapi malah terjadi penundaan dan kami berhubungan dengan HAL mengenai hal itu”, terang narasumber.

HARUS BACA :  Pemimpin Kamboja Minta Dunia Tak Campuri Politik Indochina

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here