Ingin Kampungnya Aman Warga Serahkan Senjata

Militer.or.id – Ingin Kampungnya Aman Warga Serahkan Senjata.

Dansatgas Letkol Inf Sidik Wiyono mengatakan, saya dan seluruh anak buah sangat berterima kasih atas kerjasama yang diberikan oleh masyarakat di wilayah perbatasan ini, dan hal ini patut diapresiasi oleh kita semua.

Boven Digoel, Papua, Militer.or.id – Seorang warga masyarakat dari Kampung Ninatie, Distrik Ninatie, Kabupaten Boven Digoel, Papua tiba-tiba mendatangi Pos Satun Tugas Pengamanan Perbatasan (Pos Satgas Pamtas) Yonif Raider 500/Sikatan.

Bukan tanpa maksud dan tujuan.  Kedatangan pria, JK umur 41 tahun itu hendak menyerahkan senjata api laras panjang jenis Mouser, peninggalan almarhum orang tuanya.

“Senjata itu diserahkan dengan sukarela, tanpa ada paksaan dari kami (Satgas=red),” ujar Dansatgas Pamtas Yonif Raider 500/Sikatan, Letkol Inf Sidik Wiyono, pada Jumat 29 Juni 2018 siang.

HARUS BACA :  Indonesia dan Filipina Perlu Tingkatkan Kerja Sama Militer

Apa yang telah dilakukan salah seorang warga masyarakat itu, menurutnya, mendapat apresiasi seluruh prajurit Satgas Pamtas dan patut juga diapresiasi oleh seluruh warga masyarakat Papua, khususnya yang tinggal di wilayah perbatasan Negara RI dan Papua Nugini (PNG).

“Saya dan seluruh anak buah sangat berterima kasih atas kerjasama yang diberikan oleh masyarakat di wilayah perbatasan ini, dan hal ini patut diapresiasi oleh kita semua,” ucap Dansatgas Letkol Inf Sidik Wiyono.

Sementara itu, JK, warga yang menyerahkan senjata ke Pos TNI mengatakan penyerahan senjata dirasa sangat pantas untuk ia dilakukan untuk menciptakan suasana aman dan damai di Papua.

HARUS BACA :  Satgas TNI Konga 39-A RDB MONUSCO Bertugas ke Kongo
HARUS BACA :  Kisah Sertu Marinir Hendra yang Sempat Putus Asa – Militer.or.id

“Saya tahu kalau memiliki senjata itu melanggar hukum. Beberapa waktu lalu, bapak-bapak TNI disini telah mensosialisasikan larangan memiliki senjata. Ini salah satu inisiatif kami untuk taat pada peraturan yang sudah diberlakukan,” ucap JK.

Ia berharap, penyerahan senjata yang dilakukan oleh dirinya itu, bisa menjadi contoh bagi masyarakat lainnya untuk ikut menyerahkan senjata api yang dimilikinya. “Mudah-mudahan warga yang merasa memiliki senjata api dapat menyerahkan senjatanya ke pak TNI,” tutur JK.

Selama menjaga keamanan di wilayah perbatasan, Satgas Pamtas tak harus menggunakan senjata. Akan tetapi, para personel TNI di wilayah perbatasan Juga dibekali dengan kemampuan, untuk melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

HARUS BACA :  Blackhawk AS Jatuh di Irak, Seorang Pasukan Khusus Tewas

Dansatgas Pamtas Yonif Raider 500/Sikatan, Letkol Inf Sidik Wiyono mengungkapkan, ia bersama prajuritnya selama ini tidak hanya menjalin komunikasi dengan warga di perbatasan saja, mamun juga menghimbau seluruh anak buahnya untuk mendengarkan setiap keluhan ataupun kesusahan yang dialami warga masyarakat yang berdomisili di perbatasan.

“Sebab cara tersebut sangat ampuh untuk menjalin kedekatan dengan warga disini dan itu sudah terbukti,” katanya. (tniad.mil.id).

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Menteri Agama RI Meminta Myanmar Hormati Rohingya

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here