Botswana Batal Membeli Gripen Karena Tak Punya Uang?

Militer.or.id – Botswana Batal Membeli Gripen Karena Tak Punya Uang?.

Jet tempur Gripen Angkatan Udara Afrika Selatan © Bob Adams via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Pemerintah Botswana mengatakan masih belum ada kesepakatan yang di tandatangani untuk akuisisi jet tempur Gripen C/D karena tak punya dana sebesar $ 1,7 miliar, seperti dilansir dari laman Defence Web, Afrika.

Pembahasan tentang rencana akuisisi antara 8 hingga 12 JAS Gripen varian C dan D dari Swedia untuk Angkatan Udara Botswana dimulai tahun 2016. Gripen dimaksudkan untuk mengganti armada pesawat tempur F-5 buatan AS yang digunakan oleh Angkatan Udara Botswana (BDF) yang sudah berumur lebih dari dua dekade.

HARUS BACA :  TLDM Uraikan Rencana Pembangunan Kapal di Malaysia

Namun, Menteri Pertahanan dan Keamanan Botswana, Shaw Kgathi mengatakan bahwa tak ada kesepakatan yang telah ditandatangani dengan Swedia dan Botswana pada kesepakatan Gripen untuk opsi pesawat yang terjangkau dan lebih baik.

“Belum jadi diselesaikan. Bahkan, tak banyak yang telah dilakukan berkaitan pada kesepakatan Gripen. Kami masih mencari penawaran yang lebih baik dan terjangkau”, sebut Kgathi kepada Botswana Gazette.

Berita ini juga mengutip sumber Angkatan Udara Botswana yang mengatakan bahwa keinginan militer untuk mengakuisisi pesawat tempur Gripen telah menjadi frustrasi oleh keterbatasan anggaran, dimana Kementerian Pertahanan dan Keamanan Botswana tak memiliki uang yang dibutuhkan untuk melanjutkan akuisisi.

HARUS BACA :  Upgrade of ASLAV Turret Simulators Completed
HARUS BACA :  DTR : Frigate Indonesia Akan Dilengkapi Millenium Gun 35mm

Sejumlah sumber sependapat dengan Menteri Kgathi bahwa BDF masih bernegosiasi dengan beberapa pemerintah dan produsen pesawat lainnya untuk mencari opsi pesawat tempur yang terjangkau.

Akuisisi pesawat adalah bagian dari program modernisasi Angkatan Udara yang juga termasuk penggantian kapal pengangkut pasukan, transporter, tank, kendaraan lapis baja, senjata ringan dan sistem pertahanan udara.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Rusia Siap Ekspor Kapal Serbu Amfibi