Harga F3 Jepang Tembus $177 Juta Per Unit

Militer.or.id – Harga F3 Jepang Tembus $177 Juta Per Unit.

Jet tempur siluman F-35 (atas) dan F-22 (bawah) © US Air Force via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Langkah Departemen Pertahanan Jepang yang saat ini mencoba pengembangan kolaboratif internasional yang dipimpin oleh Jepang untuk mencari penerus pesawat tempur F2 Angkatan Udara Jepang sedang terguncang, seperti dilansir dari laman Yomiuri Shimbun.

Proposal pengembangan yang diajukan oleh Lockheed Martin, yang dianggap sebagai favorit, ternyata jauh lebih mahal daripada yang seharusnya. Dan karena fakta itu maka keraguan telah mulai meningkat dalam hal efektivitas biaya.

HARUS BACA :  Sistem Rudal S-350E Vityaz, Murah dan All in One

Perkiraan Departemen Pertahanan Jepang hanyalah $ 133 juta per unit

Sekitar 90 unit pesawat tempur F2 Angkatan Udara Jepang akan mulai pensiun sekitar tahun 2030. Karena akan dibutuhkan sekitar 10 tahun untuk mengembangkan pesawat tempur, maka Departemen Pertahanan Jepang bermaksud untuk menetapkan kebijakan pembangunan konkret pada akhir tahun untuk rencana pengembangan kemampuan pertahanan jangka menengah antara 2019-2023.

Kandidat pengganti F2 Jepang ada 3 (tiga), yakni:

  1. Skema Lockheed Martin AS, jet tempur “hibrida” dimana airframe F-22 yang akan dilengkapi dengan peralatan elektronik berkinerja tinggi yang ada pada F-35.
  2. Skema Boeing AS, jet tempur canggih yang memanfaatkan keterampilan teknologi jet tempur F-15.
  3. Skema BAE Systems Inggris, jet tempur canggih yang memanfaatkan teknologi Typhoon, dimana pengembangan bersama dengan Jepang adalah premisnya.
HARUS BACA :  Militer Rusia Luncurkan Video Footage Su-57
HARUS BACA :  Persiapan Rotasi Satgas Pamrahwan Maluku

Di antara ketiga rencana tersebut, draft dari Lockheed Martin lebih unggul oleh karena kinerja penerbangan dan kemampuan siluman, sementara Departemen Pertahanan punn telah melihat ke depan dari tahap pengumpulan informasi.

Namun, menurut proposal resmi dari Lockheed Martin pada tanggal 13 Juli 2018, harga per unit jet siluman hibrida tersebut lebih dari 20 miliar yen, atau sekitar $ 177 juta, dan harga tersebut ternyata jauh diatas perkiraan Departemen Pertahanan Jepang.

HARUS BACA :  Indonesia Interested in Ukrainian Air-to-Air Missiles

Menurut perkiraan Departemen Pertahanan Jepang, harga per unit hanyalah 15 miliar yen atau sekitar $ 133 juta, sementara harga F-35 pesanan Jepang sekitar 13,1 miliar yen atau $ 116 juta.

Maka secara signifikan, proposal yang diajukan oleh Lockheed lebih tinggi dari prediksi. Seorang pejabat senior di Departemen Pertahanan Jepang berkata bahwa “Proposal ini terlalu mahal, kita tidak bisa menerimanya seperti itu”.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Selamat Datang KRI Nagapasa 403

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here