DARPA Pilih UAV Untuk Pengisian Daya Melalui Laser

DARPA Pilih UAV Untuk Pengisian Daya Melalui Laser

Militer.or.id – DARPA Pilih UAV Untuk Pengisian Daya Melalui Laser.

Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) Silent Falcon sedang melakukan pengisian daya melalui laser dari jarak hingga 10 kilometer © Silent Falcon via Flight Global

Militer.or.id – Program dari DARPA untuk Stand-off Ubiquitous Power/Energy Replenishment – Power Beaming Demo (SUPER PBD) telah dijadwalkan untuk memulai pengujian pada bulan Januari 2019 dengan tujuan pengisian daya UAV lewat laser pada jarak 10 km, seperti dilansir dari laman situs Silent Falcon.

Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) alias Unmanned Aerial Vehicle (UAV) dilengkapi dengan panel surya pada sayapnya, yang memungkinkan untuk pengisian ulang dayanya selama penerbangan dan memperpanjang misinya hingga 5 jam, namun ketika UAV itu menerima daya dari laser maka secara teoritis bisa terbang tanpa batas.

Sistem SUPER PBD dirancang untuk mentransfer energi dengan memproyeksikan sinar laser ke panel surya yang menutupi ekor Silent Falcon. Laser bisa ditembak ke UAV dari pesawat yang berada di udara atau di darat, meski untuk alasan keamanan, laser akan di tembak dari gunung ke UAV selama pengujiannya.

“Ada masalah keamanan yang besar dengan menembakkan laser ke langit”, kata Brown. “Tes ini akan dilakukan pada jarak 10 km, tapi kami berharap jarak itu akan meningkat secara signifikan di masa depan”.

Brown menolak untuk mengatakan berapa banyak energi atau daya yang dapat ditransfer menggunakan laser, tetapi ia yakin pada akhirnya bisa ditingkatkan untuk menyalakan pesawat berpenumpang manusia. Kemampuan UAV untuk menerima energi terdegradasi ketika ada materi di jalur laser seperti awan, asap atau hujan, tambahnya.

UAV Silent Falcon memiliki lebar sayap sekitar 14 kaki dan panjangnya 7 kaki. Beratnya sekitar 35 pon dan dapat membawa muatan hingga 3 kg, seperti kamera pengawasan. Pesawat itu memiliki layanan ketinggian sekitar 20.000 kaki, tapi untuk misi pengawasan militer biasanya itu akan beroperasi antara 1.600 – 5.000 kaki, kata Brown.

Pemasok lain dalam proyek SUPER PBD dari DARPA termasuk Optonicus, yang akan memasok laser dan pelacak UAV serta teknologi penargetan, serta SolAero Technologies dan Ascent Solar Technologies, yang akan menyediakan panel surya yang efisien dalam mengubah sinar laser menjadi energi listrik.

Total biaya program SUPER PBD adalah sekitar $ 2,2 juta, kata Brown.

Industri kedirgantaraan memiliki sejarah panjang dalam upaya pengembangan pesawat ketahanan ultra jauh, tetapi hanya sedikit – jika ada – yang mengisi ulang menggunakan laser. Pesawat tahan lama ultra-panjang sebelumnya sudah termasuk contoh bertenaga piston, seperti VA001 Vanilla Aircraft, Orion Aurora Penerbangan Science, Voyager Skala Kompak dan Boeing Condor. Baru-baru ini pesawat bertenaga surya semakin digemari, termasuk Airbus Zephyr dan AeroVironment yang diusulkan HALE.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *