Akhirnya, AS Bebaskan Indonesia dari Sanksi Pembelian Su-35

Militer.or.id – Akhirnya, AS Bebaskan Indonesia dari Sanksi Pembelian Su-35.

Jet tempur Sukhoi Su-35S Angkatan Udara Rusia. © Dmitry Terekhov (CC BY-SA 2.0) via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Komite Senat Amerika Serikat untuk Angkatan Bersenjata telah meloloskan sejumlah sekutu strategis termasuk Indonesia, Vietnam serta India dari sanksi embargo Countering America’s Adversaries Through Sanctions Act (CAATSA).

CAATSA adalah Undang-undang yang digunakan Amerika Serikat untuk memberikan sanksi atau embargo kepada suatu negara terkait dengan aktivitas belanja peralatan militer negara bersangkutan ke Rusia yang notabene merupakan saingan dari AS.

HARUS BACA :  Rancangan Desain Pesawat Angkut Militer Il-276 Siap Tahun 2019

Hal tersebut diungkapkan oleh Senator dari Oklahoma, Jim Inhofe yang menganggap bahwa ketiga negara itu adalah sekutu strategis Amerika Serikat di kawasan Asia.

“Mereka (India, Vietnam dan Indonesia) merupakan sekutu strategis dan saat ini sedang membeli peralatan militer dari Rusia. Namun pembelian tersebut harus tetap dilakukan sembari menunggu transisi militer ketiga negara tersebut”, ujar Jim seperti dikutip dari laman Daily Beast.

Sementara itu, Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis juga senada dengan Jim Inhofe.

HARUS BACA :  Negosiasi Akhir Swedia dengan Raytheon untuk Patriot

Pada bulan Juli lalu Mattis meminta Kongres AS untuk memberi pengecualian kepada ketiga negara karena Indonesia, Vietnam dan India punya hubungan historis dengan Rusia, namun sekarang mereka lebih condong untuk membeli persenjataan Made In USA.

Meskipun permintaan Mattis akhirnya dikabulkan, Presiden AS Donald Trump sempat marah atas lolosnya ketiga negara tersebut dari sanksi embargo CAATSA, tetapi dirinya tak berdaya lantaran Senat AS sudah membuat keputusan tersebut.

HARUS BACA :  Mesir Lanjutkan Diplomasi Perdamaian Palestina dan Israel – Militer.or.id

Pemerintah Indonesia sudah menandatangani kontrak untuk pembelian 11 jet tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia dengan metode imbal dagang sehingga sempat membuat AS bermaksud untuk menjatuhkan embargo kepada Indonesia.

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here