Radar APG-83 Sukses Dipasang ke F/A-18C Hornet AS

Militer.or.id – Radar APG-83 Sukses Dipasang ke F/A-18C Hornet AS.

Jet tempur F/A-18C Hornet Angkatan Laut AS. © US Navy via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Northrop Grumman Corp. telah berhasil memasangkan produk APG-83 Scalable Agile Beam Radar (SABR) pada jet tempur F/A-18C Hornet Korps Marinir AS di Marine Corps Air Station Miramar, California, seperti dilansir dari situs Northrop Grumman.

Pemeriksaan telah dilakukan tanggal 2 Agustus 2018 atas permintaan Korps Marinir, menunjukkan bahwa APG-83 SABR adalah pilihan berisiko rendah untuk pemasangan pada armada F/A-18C/D Hornet dan bahwa radar tersebut bisa diintegrasikan dengan mesin, sistem pendingin dan avionik pesawat.

“Korps Marinir AS meminta solusi Active Electronically Scan Array (AESA) karena peningkatan keandalan dan keberlanjutan radar tanpa penurunan kinerja operasional”, menurut Greg Simer, wakil presiden, sistem avionik terpadu, Northrop Grumman.

Tujuan dari Korps Marinir AS adalah memodifikasi AESA yang diproduksi dilapangan sambil memenuhi persyaratan ukuran, berat, daya dan pendinginan saat ini pada jet tempur F/A-18C/D.

Radar APG-83 SABR dipasang pada F/A-18C Hornet Korps Marinir AS © Northrop Grumman

“Kami telah membuktikan bahwa radar APG-83 SABR produksi kami cocok dengan F/A-18C/D, mencapai tujuan dan membawa kematangan teknis yang diperlukan untuk mencapai tenggat waktu penyisipan armada Korps Marinir AS”, sebut Simer.

APG-83 adalah radar kendali tembak AESA yang multifungsi dan mampu memberikan kapasitas jet tempur generasi kelima untuk melawan dan mengalahkan ancaman yang semakin canggih.

HARUS BACA :  Ilmuwan Rusia Siap Pamerkan Helikopter Army Tak Berawak
HARUS BACA :  Telah Diperbaiki, Dua Mi-24 Tiba di Hungaria

Northrop Grumman bersaing untuk menggantikan radar mekanis pada F/A-18C/D dengan radar AESA. Korps Marinir telah berencana untuk mengupgade radar pada sekitar 100 unit jet tempur F/A-18C/D. Radar APG-83 SABR tersebut ditujukan pada kelangsungan hidup, keandalan dan pemeliharaan untuk Korps Marinir AS.

Northrop Grumman adalah sebuah perusahaan keamanan global terkemuka yang menyediakan sistem, produk dan solusi inovatif dalam sistem otonom, siber, C4ISR, ruang angkasa, serangan dan logistik serta modernisasi untuk pelanggan di seluruh dunia.

HARUS BACA :  Pengebom Nuklir Rusia Terbang di Atas Samudra Pasifik
Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

HARUS BACA :  Latihan Perang Iran Uji Arhanud Mesbah 1

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Kanada Bisa Persulit Pengadaan Jet Tempur Bagi Perusahaan AS

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here