Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Uji Senjata Tank T-55 Vietnam Yang Baru Di Upgrade

Militer.or.id – Uji Senjata Tank T-55 Vietnam Yang Baru Di Upgrade.

Tank T-55M Vietnam menguji senjata utama di lapangan tembak Cam Lam © Tung Duong via Bao Dat Viet

Militer.or.id – Seperti diketahui, pada era 1990-an, Vietnam telah mempunyai tank tempur utama T-54 dengan teknologi yang disediakan oleh Israel yang disebut sebagai T-54M3, seperti dilansir dari laman Bao Dat Viet.

Tank-tank tersebut dilengkapi dengan senapan elektronik modern, sensor meteorologi terintegrasi, diperkuat lapis baja kapal selam ditambah dengan pelindung ERA atau eksplosive reactive armor di beberapa lokasi kritis, dan yang paling penting adalah penggantian meriam D-10T2S 100 mm dengan meriam M68 105 mm.

Namun, setelah periode evaluasi, ada beberapa kekurangan yang tidak dapat ditiru oleh program, jumlah tank yang diselesaikan sesuai dengan konfigurasi cuma ada satu unit.

Tank tempur utama T-54M3 Vietnam © Tung Duong via Bao Dat Viet

Memanfaatkan pengalaman yang diperoleh dari prototipe T-54M3, maka Z153 Plant dibawah Admnistrasi Pertahanan melakukan program serupa dengan tank T-54/55 serta Tipe 59 dengan konfigurasi serupa T-54M3.

Perbedaan terbesar antara versi upgradenya adalah tank mempertahankan meriam D-10T2S tetapi tidak dilengkapi perisai panas tambahan untuk menghindari deformasi barel setelah melakukan tembakan, sehingga mampu menghasilkan penembakan yang lebih akurat.

Tank tempur utama T-55M Vietnam di upgrade oleh Z153 Plant © Tung Duong via Bao Dat Viet

Varian tank ini, yang disebut sebagai T-55M, tampaknya dikerahkan dalam jumlah besar untuk memungkinkan penyebaran cepat dari tank T-90S/SK yang lebih baik yang akan diterima oleh Vietnam.

Untuk menilai kualitas hasil kerja, selain menguji daya tahan lapis baja, kemampuan manuver dan uji tembak sangat penting untuk memberikan pandangan yang paling akurat tentang keefektifan dari senjata tersebut.

Baru-baru ini, gambar dari tank T-55M menguji senjata utama di sekolah menembak Cam Lam di provinsi Tam Dao – Vinh Phuc, Vietnam. Diharapkan dalam waktu yang akan datang, modernisasi tank T-54/55 dan Tipe 59 akan dipercepat sehingga tank-tank Vietnam dapat segera dimodernisasi.

Pada saat yang sama, pengalaman yang diperoleh dari upgrade T-54/55 juga dapat diterapkan pada armada tank T-62 untuk membantu misi tempur lebih baik dalam kebutuhan peperangan modern.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *