Diluar Tradisi, Rusia Ungkap Senapan Serbu Jarak Jauh

Diluar Tradisi, Rusia Ungkap Senapan Serbu Jarak Jauh

Militer.or.id – Diluar Tradisi, Rusia Ungkap Senapan Serbu Jarak Jauh.

Militer.or.id – Perusahaan pertahanan Kalashnikov Concern memperkenalkan senapan-senapan terbaru Rusia yang bisa digunakan untuk pertempuran urban dan menembak kriminal dari jarak satu kilometer, seperti diberitakan oleh Russia Beyond.

Tiga jenis senapan serbu baru mungkin akan segera berada dalam genggaman tentara Rusia dan asing seiring dengan pengungkapan ketiganya oleh Kalashnikov Concern diakhir Agustus selama pameran militer “Army-2018” di Rusia.

AM-17 dan AMB-17

Sepasang senapan serbu canggih ini dirancang untuk pertempuran urban. Meskipun secara fisik keduanya sangat mirip, namun mereka punya satu perbedaan penting yakni kaliber.

Senapan serbu AM-17 ini menggunakan cartridge Kalashnikov AK-47 tradisional 5.45 ? 39 mm. Serta dilengkapi dengan cartridge subsonik 9 x 39 mm dan sistem peredam tembakan, sehingga sempurna untuk operasi rahasia pada malam hari.

Senapan ini diciptakan untuk pasukan yang beroperasi di daerah padat penduduk. Oleh karena itu, ia sangat ringan dan padu. Dengan batang senapan terpasang, panjangnya hanya 50 cm dan beratnya 2,5 kg tanpa magasin (lebih ringan dibandingkan dengan senapan AK-74M (hampir 4 kg). Fitur-fitur ini memungkinkan tentara untuk dengan mudah turun dari kendaraan lapis baja dan mengoperasikan senjata di ruang terbatas.

Dengan mengembangkan kedua senapan serbu ini Kalashnikov Concern “menyimpang” jauh dari metode tradisional Rusia dalam pembuatan senjata api.

Utamanya adalah dari desain receiver. Senapan baru ini akan beroperasi melalui dua receiver besar, bukan satu dengan penutup yang dapat dilepas yang merupakan fitur penting senjata api Soviet dan Rusia.

Dua receiver yang dikencangkan pada engsel memiliki posisi tetap. Sehingga senapan ini dapat “dipatahkan” menjadi dua bagian untuk membersihkan dan memelihara komponen-komponen receiver. Fitur desain baru yang telah digunakan untuk senjata asing selama bertahun-tahun ini mengurangi berat dan biaya senapan serta sangat menyederhanakan proses pembuatannya.

Bagian “atas” receiver, yang menahan sebagian besar tekanan yang ada saat peluru ditembakkan, terbuat dari baja berkekuatan tinggi. Sebaliknya, pada bagian “bawah” receiver, yang terdiri atas magasin, pegangan, gunstock dan lain sebagainya terbuat dari polimer yang terlihat seperti plastik.

Anda dapat memakai segala jenis tambahan taktis modern berkat rel Picatinny yang terpasang di atasnya, yang dapat menampung kolimator dari seluruh pabrik di dunia. Senjata ini juga dapat dilengkapi dengan peredam.

AK-308

Senapan serbu AK-308 ini adalah senapan perdana yang paling ditunggu-tunggu tahun ini, dan telah diumumkan beberapa hari sebelum berlangsungnya pameran militer Army-2018.

Ini adalah prototipe senapan serbu masa depan yang dibekali dengan .308 Win, sebuah kaliber NATO yang sangat kuat yang digunakan pada senapan runduk. Ya, Kalashnikov Concern sedang mengerjakan senapan serbu untuk pasar diekspor yang akan mampu menembak jatuh kriminal di jarak hingga 800 m.

Menariknya, ini bukan senapan serbu yang dirancang untuk militer Rusia (mereka memang tidak menggunakan amunisi .308 Win), tapi ini dirancang untuk tentara asing yang akrab dengan jenis senjata dan amunisi tersebut. Senapan ini terutama ditujukan untuk pasar Afrika dan Asia, guna menciptakan persaingan senjata kreasi NATO.

Secara visual, AK-308 mengingatkan kita pada senapan serbu AK-12 dan AK-15 yang digunakan oleh militer Rusia – mereka adalah bagian dari perangkat tempur generasi baru Ratnik-2. Ia juga dilengkapi dengan rel Picatinny dibagian atas dan bawahnya, sehingga Anda bisa memasang apa pun yang Anda inginkan seperti scope, pegangan, bidikan refleks, senter dan lain-lain.

Senapan AK-308 juga memiliki desain magasin baru yang memungkinkan penembaknya dapat mengetahui dengan tepat berapa banyak amunisi yang tersisa. Selain itu AK-308 juga dilengkapi dengan genggaman jenis baru serta stock lipat samping yang dapat disesuaikan.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *