Upgrade F-16V Taiwan Akan Dikirim 6 Bulan Lagi

Militer.or.id – Upgrade F-16V Taiwan Akan Dikirim 6 Bulan Lagi.

Jet tempur F-16 Angkatan Udara Taiwan © Istana Kepresidenan Taiwan via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Angkatan Udara Taiwan (ROCAF) dijadwalkan menerima empat jet tempur F-16 yang akan ditingkatkan menjadi standar Blok 72 dalam enam bulan ke depan, menurut seorang pejabat militer pada hari Rabu, seperti dilansir dari laman Focus Taiwan.

Batch pertama yang terdiri dari empat unit F-16 upgrade saat ini sedang menyelesaikan uji terbang tempur oleh Aerospace Industrial Development Corp (AIDC), tutur Liu Jen- yuan, Kepala Staf Angkatan Udara Taiwan.

HARUS BACA :  Kanada Berharap F/A-18 Australia Bisa Dikirim Tahun Depan

Liu yang menanggapi pertanyaan dari para anggota parlemen tentang kemajuan dalam modernisasi jet tempur F-16 A/B menjadi F-16V oleh Kementerian Pertahanan Taiwan.

Keempat jet tempur adalah bagian dari program pemerintah senilai TW $ 110 miliar atau sekitar US $ 3,64 miliar untuk meluncurkan upgrade domestik yang mengubah 144 unit armada jet tempur F-16A/B Taiwan menjadi standar F-16V Viper itu adalah upgrade terbesar dan paling penting yang pernah dilakukan oleh ROCAF (Angkatan Udara Taiwan).

HARUS BACA :  Satgas Yonif Raider 515 Kostrad Bantu Nenek Zahora
HARUS BACA :  Batalyon Arhanud Marinir Latihan Dasar Penembakan dengan BVP-2

Untuk melaksanakan upgrade secara lokal, sang produsen jet tempur Lockheed Martin mengirimkan insinyur ke Taiwan tahun lalu guna membantu melatih personel lokal di AIDC tentang cara melakukan upgrade tersebut.

Menurut AIDC, program retrofit itu memasang peralatan canggih ke dalam jet tempur, termasuk integrasi sistem radar AESA yang saat ini digunakan pada pesawat F-22 dan F-35 AS.

HARUS BACA :  Wow, Frigate Admiral Gorshkov Bergabung ke AL Rusia

Jet tempur F-16V Viper bisa dipersenjatai dengan berbagai jenis rudal udara-ke-udara (AAM), termasuk rudal jarak pendek AIM-9 Sidewinder, Magic II dan ASRAAM, serta rudal jarak menengah AIM-7, Sky Flash dan AIM-120. Rudal udara-ke-udara jarak jauh dipandu infra-merah seperti AIM-9X, Python IV, AIM-132 ASRAAM dan IRIS-T juga akan dapat digunakan.

Selain itu, pesawat ini juga mendukung integrasi rudal anti-kapal AGM-119/AGM-84/ AGM-65G, dan rudal udara-ke-darat taktis AGM-65 Maverick, serta bom berpanduan laser Paveway dan bom GBU-15.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

HARUS BACA :  Wow, Frigate Admiral Gorshkov Bergabung ke AL Rusia

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Diplomat AS Di Kuba Terkena Serangan Sonic Misterius

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here