Blokir Penjualan F-35 Turki, Lockheed Bakal Merana – Militer.or.id

Militer.or.id – Blokir Penjualan F-35 Turki, Lockheed Bakal Merana – Militer.or.id.

Jet tempur siluman F-35B buatan Lockheed Martin © US Navy

Militer.or.id – Menghentikan pengiriman jet tempur F-35 generasi baru ke Turki dapat menyebabkan masalah serius bagi pembuatnya Lockheed Martin, sebuah laporan mengatakan pada hari Jumat, dilansir dari laman Daily Sabah.

Turki adalah mitra penting dalam program F-35 internasional dan merupakan sumber tunggal di dunia untuk beberapa suku cadang pesawat tempur tersebut.

“Turki adalah pemimpin global dalam manufaktur dirgantara, dan ada 10 perusahaan Turki yang membuat suku cadang senilai US $ 12 miliar untuk F-35, termasuk komponen utama seperti badan pesawat (airframe) dan sejumlah landing gear”, tulis Bloomberg.

Contohnya adalah Turki Ayesas yang merupakan pemasok tunggal untuk layar kokpit dan unit remote control rudal pada jet tempur siluman F-35. Bloomberg yakin bahwa jika Kongres AS memblokir penjualan jet tempur F-35 ke Turki, maka Ankara bisa berhenti memasok suku cadang penting untuk jet tersebut.

“Jika rantai pasokan dari Turki terganggu, maka itu akan menghasilkan jeda panjang bagi produksi pesawat, menunda pengiriman antara 50 hingga 75 unit jet tempur dan akan memakan waktu sekitar 18 – 24 bulan untuk bisa memproduksi ulang”, kata Menteri Pertahanan AS Jim Mattis di bulan Juli dalam sebuah surat kepada Kongres AS.

Laporan ini diharapkan untuk memasukkan penilaian partisipasi Turki dalam program F-35 serta risiko yang akan ditimbulkan oleh pembelian sistem rudal pertahanan udara S-400 dari Rusia, yang telah membuat jengkel para pejabat AS.

HARUS BACA :  Yonif Raider 509 Kostrad Latih Menwa Bela Diri Yongmoodo

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Marinir TNI AL Uji Coba Ranpur Amfibi BTR-4M di Laut