Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

NH90 Prancis Jatuh di Kapal Induk Helikopter Dixmude – Militer.or.id

Militer.or.id – NH90 Prancis Jatuh di Kapal Induk Helikopter Dixmude – Militer.or.id.

Helikopter multiperan berukuran medium, NH90 Angkatan Laut Prancis © Mark Harkin via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Angkatan Laut Prancis pada hari Kamis, 18 Oktober melaporkan kecelakaan serius yang terjadi pada malam sebelumnya, di atas kapal induk helikopter kelas Mistral ketiga, Diksmuide, seperti dilansir dari laman Le Monde pada hari Kamis.

Pada pukul 22:30 waktu setempat, sebuah helikopter multiperan ringan milik Angkatan Laut Prancis yang beroperasi dari Projection and Command Building (BPC) jatuh di anjungan saat hendak lepas landas.

Menurut informasi awal yang dikomunikasikan, kru berhasil keluar tanpa cedera. Tetapi empat pelaut yang berada di dek penerbangan telah terluka, termasuk salah satu yang mengalami cedera sangat serius dan telah dievakuasi untuk dirawat di rumah sakit.

Kapal induk helikopter kelas Mistral, Dixmude (L9015) milik Angkatan Laut Prancis © US Navy via Wikimedia Commons

Cuaca sepertinya bukan menjadi penyebabnya, karena kondisinya saat itu sangat cerah, menurut staf angkatan laut, dimana angin utara berhempus dengan kece[atan 10 knot dan laut sangat tenang.

Kapal induk helikopter Dixmude sedang dalam pelatihan dan dalam perjalanan menuju Norwegia, untuk berpartisipasi dalam latihan Trident Juncture NATO, salah satu latihan militer terbesar yang diselenggarakan oleh aliansi sejak lama, dengan partisipasi 45.000 tentara, termasuk 130 pesawat terbang dan 60 kapal perang.

Latihan Trident Juncture ini memainkan skenario pertahanan kolektif untuk aliansi NATO, dan akan berlangsung pada tanggal 25 Oktober hingga 7 November 2018.

Prancis adalah salah satu kontributor utama dalam latihan itu dengan mengikutsertakan 3.000 tentara. Selain kapal induk helikopter Dixmude, dua fregat Angkatan Laut Prancis juga turut berpartisipasi yakti Brittany dan Latouche-Treville serta kapal pemasok.

Kapal induk Dixmude telah diberangkatkan menuju Brest, di mana dijadwalkan akan tiba pada hari Jumat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *