Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Z-10 China Mendapat Perisai Semi-Metal “Graphene” – Militer.or.id

Militer.or.id – Z-10 China Mendapat Perisai Semi-Metal “Graphene” – Militer.or.id.

Helikopter tempur Z-10 Angkatan Udara PLA © 3GO*CHN-405/mjordan_6 via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Sejumlah helikopter serang Z-10 milik PLA, telah ditingkatkan dengan perisai ultra-tipis semimetal graphene yang memiliki fungsi sebagai lapisan perlindungan tambahan, menurut Asia Times.

Sebuah video muncul di stasiun Televisi Pusat China (CCTV) pada awal bulan ini yang menunjukkan salah satu helikopter dengan “modul perisai” tambahan didekat kokpit tandemnya mendarat setelah penerbangan. Video tersebut belum diverifikasi secara independen untuk keasliannya, dan Beijing tampaknya menyembunyikan rahasia militernya.

Selama operasi serangan darat, Z-10 kemungkinan akan digunakan untuk menyerang formasi tank atau artileri darat musuh lainnya, Asia Times mencatat dalam laporan tanggal 24 Oktober, mengekspos helikopter ke berbagai persenjataan anti-pesawat yang mungkin dikeluarkan selama operasi di dataran rendah.

Perisai graphene sekeras berlian © Red Orbit via Graphene Info

Graphene adalah bahan yang luar biasa kuat dengan sifat-sifat terbaru dibandingkan dengan material yang secara konvensional digunakan dalam pembuatan peralatan militer. Material graphene ini 200 kali lebih kuat daripada baja dan beratnya kurang dari satu gram per meter kubik.

Pada 2017, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Nanotechnology, menemukan bahwa 2 lapis graphene yang hampir 1 juta kali lebih tipis dari selembar kertas dapat “menjadi sekeras berlian” dan kebal terhadap proyektil peluru.

Material graphene hanyalah lapisan sebuah atom karbon yang terkemas rapat dalam kisi heksagonal. Ketika tepat dua lapisan ditumpuk di atas satu sama lain, konfigurasi material yang disebut diamene akan mengeras dan menunjukkan kekuatan luar biasa yang sebanding dengan berlian, menurut Futurisme.

Namun anehnya, menurut Nature Nanotechnology bahwa menumpuk lebih dari dua lapisan graphene tidak akan memicu efek pengerasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *