Sukhoi TNI AU Usir Pesawat Asing di Tanjungpinang – Militer.or.id

Militer.or.id – Sukhoi TNI AU Usir Pesawat Asing di Tanjungpinang – Militer.or.id.

Sukhoi Su-27 TNI AU. (photo: TNI AU)

Tanjungpinang, Jakartagreater.com – Dua Pesawat Sukhoi TNI Angkatan Udara mengusir pesawat asing yang terbang di sekitar Timur Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu, 31-10-2018 pukul 13.15 WIB, dirilis Antara.

Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Kolonel Pnb M Dadan Gunawan, mengatakan, pengusiran berhasil dilaksanakan setelah dilakukan melalui kontak visual. “Pengusiran melalui radio telekomunikasi tidak berhasil, kemudian dilakukan kontak visual,” ungkapnya.

HARUS BACA :  Ketika Jet Tempur TNI Ditahan Thailand Atas Tekanan AS

Kolonel Dadan tidak membantah bahwa saat proses pengusiran status kuning atau waspada. Ia menegaskan penurunan paksa pesawat asing tersebut tidak perlu dilakukan jika pesawat itu mau keluar wilayah udara NKRI. Seandainya pilot pesawat itu masih nakal, maka 2 pesawat tempur AU itu akan memaksanya turun ke Bandara Hang Nadim Batam.

“Dugaan sementara kami, pesawat asing yang `bermain-main` di sebelah Timur Tanjungpinang itu sedang `test flight`. Mungkin pesawat itu baru diperbaiki,” ujarnya. Sementara terkait jenis dan asal pesawat asing tersebut, Kolonel Dadan mengaku belum mendapatkan informasi dari anggotanya.

HARUS BACA :  PT Pindad Ikuti Lelang Terbuka Pengadaan Tank Filipina
HARUS BACA :  Divisi Infanteri 3 Kostrad Segera Terbentuk

Menurut dia, seluruh kegiatan pengusiran didokumentasikan. Dari dokumentasi tersebut akan diketahui jenis pesawat dan milik negara apa. “Nanti akan diketahui setelah dilihat foto dan videonya,” ucapnya. Berdasarkan perintah Mabes AU, dua Pesawat Sukhoi masih berjaga-jaga di sekitar wilayah udara Kepri.

Sementara terkait berapa jumlah pelanggaran yang dilakukan pesawat asing di wilayah udara NKRI, Dadan menegaskan Satuan Radar yang memiliki wewenang untuk menjelaskannya. Berdasarkan informasi yang diperoleh Antara, pesawat asing yang masuk ke wilayah Kepri tanpa izin jenis Airbus A320. Pesawat itu berasal dari Brunei Darusalam.

HARUS BACA :  11 Su-35 Bersenjata Lengkap Lebih Baik dari 1000 "Kosongan"

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  HUT ke-72 TNI Dipusatkan di Cilegon

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Peluncur VL Mica Frigat Martadinata Class Diterima 2019