Turki Akan Bebaskan Wilayah Timur Sungai Eufrat dari Kurdi Dukungan AS – Militer.or.id

Turki Akan Bebaskan Wilayah Timur Sungai Eufrat dari Kurdi Dukungan AS – Militer.or.id

Militer.or.id – Turki Akan Bebaskan Wilayah Timur Sungai Eufrat dari Kurdi Dukungan AS – Militer.or.id.

Kurdish–Turkish conflict (1978–present), commons wikipedia,org

Jakartagreater.com – Operasi Turki di wilayah Timur Sungai Eufrat yang dikuasai oleh milisi Kurdi yang didukung AS tidak bisa dihindari, kata Naim Baburoglu, seorang pensiunan jenderal Turki, kepada Sputnik. Naim Baburoglu, menyatakan harapan bahwa Moskow dan Teheran akan mendukung rencana Ankara untuk membebaskan daerah yang dikuasai AS, dirilis pada Rabu 31-10-2018 oleh Sputniknews.com.

dok. Peshmarg, commons wikipedia, org

AS terus memberikan bantuan militer kepada milisi Kurdi yang berada di Timur Sungai Eufrat di Suriah yang memaksa Ankara mengambil langkah yang menentukan, kata Naim Baburoglu, seorang pensiunan Jenderal Turki, ahli strategi militer dan akademisi di Universitas Aydin Istanbul (IAU), kepada Sputnik Turki.

Euphrates River, coomons wikipedia,org

“Pembersihan pasukan Kurdi di wilayah ini [Timur Eufrat] bukan untuk kepentingan Amerika Serikat,” kata jenderal pensiunan itu. “Amerika memperkuat posisi mereka di sana, membangun pangkalan dan lapangan terbang baru, dan menyebarkan sistem radar.

Dalam situasi seperti ini Turki akhirnya akan dipaksa untuk mengambil langkah yang menentukan untuk membuat operasi Angkatan Bersenjata Turki di wilayah Timur Eufrat tak terhindarkan.” Komentar Naim Baburoglu muncul diiringi janji Presiden Recep Tayyip Erdogan untuk menghancurkan para pejuang Kurdi di sebelah Timur Sungai Eufrat.

Pada tanggal 30 Oktober 2018, presiden Turki mengumumkan kampanye militer besar terhadap Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) yang dilihat oleh Ankara bersama dengan Partai Uni Demokrat (PYD) sebagai afiliasi Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang ditetapkan sebagai organisasi teroris di Turki.

“Pernyataan ini segera menyusul setelah pertemuan segiempat di Istanbul, di mana pihak Turki menempatkan penekanan pada kepentingan strategis wilayah yang terletak di sebelah Timur Sungai Efrat,” kata ahli strategi militer. “Ini diikuti oleh serangan artileri Turki pada posisi Partai Uni Demokratik Kurdi (PYD) di Timur Eufrat di distrik Kobani. Semua ini menunjukkan keseriusan niat Ankara dan tekadnya untuk melakukan operasi.”

Naim Baburoglu menyoroti bahwa Washington tampaknya telah menutup telinga terhadap kekhawatiran Ankara tentang situasi di wilayah Timur Eufrat, yang menimbulkan ancaman keamanan langsung ke Turki.

Mengomentari tanggal potensi dimulainya operasi, jenderal pensiunan menunjuk pada pernyataan Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar bahwa Ankara akan fokus pada daerah Timur Sungai Eufrat setelah memilah-milah di Manbij. “Proses pelatihan telah selesai dan patroli gabungan [AS-Turki] akan dimulai hari ini atau besok [di Manbij],” kata Hulusi Akar kepada kantor berita Anadolu pada 30 Oktober 2018.

Ahli strategi militer menyarankan bahwa “Turki [akan] menunggu selesainya pelaksanaan ‘road map’ bersama dengan Amerika Serikat di Manbij, dan setelah itu [akan] memulai aksi militer di wilayah Timur Sungai Eufrat.”

“Proses penantian ini tidak akan berlangsung lama. Tampaknya Ankara bermaksud untuk membahas situasi di sebelah Timur Sungai Efrat dengan AS di meja perundingan di tempat pertama – setelah penembakan Artileri baru-baru ini di Kobani antara Pentagon dan Ankara, setidaknya , harus ada negosiasi pada tingkat teknis, “kata Jenderal pensiunan itu.

Menurut Naim Baburoglu, jika Ankara berhasil mencapai kesepakatan dengan Washington tentang penghapusan YPG di wilayah tersebut atau setidaknya memindahkan mereka ke selatan Raqqa, maka akan mungkin untuk menerapkan peta jalan ala Manbij di Kobani, Kata Abyad dan Qamishli .

Dia menekankan bahwa orang tidak boleh lupa bahwa road map Manbij belum sepenuhnya dilaksanakan sejauh ini: “Hingga 7.000 pejuang Kurdi masih ditempatkan di daerah; mereka belum menyerahkan senjata yang diberikan AS kepada mereka,” kata ahli strategi militer.

“Dengan demikian, jelas bahwa Amerika Serikat tidak menepati janjinya mengenai Manbij.” Mengutip niat Erdogan untuk menumpas pasukan Kurdi di sebelah Timur Sungai Eufrat.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *