Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Pangkostrad Cek Kesiapan Yonkav 1 Kostrad Ikuti Latihan Ancab 2018

Militer.or.id – Pangkostrad Cek Kesiapan Yonkav 1 Kostrad Ikuti Latihan Ancab 2018.

Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Andika Perkasa didampingi Asops Kaskostrad Kolonel Inf Susilo melaksanakan pengecekan kesiapan Batalyon Kavaleri 1 Kostrad dalam rangka Latihan Antar Kecabangan (Ancab) Brigif Raider 13/1 Kostrad di Mayonkav 1 Kostrad Cimanggis Depok. Sabtu (3/11/2018).

Dilansir dari laman Kostrad (5/ 11), Kedatangan Pangkostrad di sambut oleh Danyonkav 1 Kostrad Letnan Kolonel Kav Muhammad Darwis kemudian langsung melaksanakan pengecekan terhadap personil, materil, tehnik serta taktik kesiapan prajurit Yonkav 1 Kostrad dalam persiapan latihan Ancab 2018.

Pada saat pengecekan, Pangkostrad mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan latihan Antar Kecabangan ini prajurit Yonkav 1 Kostrad harus benar-benar menguasai tehnik dan taktik bertempur serta penggunaan persenjataan oleh masing-masing personel, sedangkan materiil sebagai sarana penunjang dalam latihan harus benar-benar siap dan lengkap sesuai dengan ketentuan pelaksanaan tugas operasi yang sesungguhnya.

“Manfaatkan latihan ini sebagai sarana mempertajam kepekaan guna meningkatkan kinerja dan profesionalisme prajurit dalam rangka mendukung keberhasilan tugas kedepannya,” ujar Pangkostrad.

Tujuan latihan Antar Kecabangan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan tempur tingkat perorangan sampai dengan satuan setingkat Brigade dan kerjasama antar satuan/kecabangan dalam wadah Brigade Tim Pertempuran (BTP) melalui penyelenggaraan operasi tempur yang didukung oleh operasi Intelijen dan operasi Teritorial.

Muaranya adalah untuk mewujudkan sinergitas dan interoperabilitas antar kecabangan guna memperoleh daya tempur yang efektif.

Kegiatan latihan dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut yang pada puncaknya dilaksanakan latihan antar kecabangan yang disesuaikan dengan doktrin yang berlaku dengan melibatkan berbagai Alutsista TNI AD.

Latihan antar kecabangan merupakan latihan yang dilaksanakan untuk memelihara, meningkatkan dan menguji kemampuan antar kecabangan guna mencapai kemampuan standar.

Latihan antar kecabangan dalam wadah Brigif Raider 13 Divif 1 Kostrad rencana akan dilaksanakan pada tanggal 4 s.d 19 November 2018 di Puslatpur Baturaja dengan melibatkan

satuan dari berbagai kecabangan jajaran TNI AD sebagai satuan perkuatan yang meliputi satuan tempur, satuan bantuan tempur, satuan bantuan administrasi, satuan inteliijen dan satuan teritorial.

Photo: Pangkostrad Mengecek Kesiapan Yonkav 1 Kostrad Mengikuti Latihan Ancab 2018 (Kostrad)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *