Beijing: Hentikan Melemahkan Kedaulatan Cina di Laut Cina !

Beijing: Hentikan Melemahkan Kedaulatan Cina di Laut Cina !

dok. Kapal perang AS. (US Navy via commons.wikimedia.org)

Militer.or.id   –   Diplomat Cina, Yang Jiechi dan Menteri Pertahanan Wei Fenghe mengadakan konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan James Mattis setelah pembicaraan tentang perselisihan teritorial di Laut Cina Selatan.

Berbicara pada konferensi pers setelah pembicaraan bilateral dengan para pejabat AS, Yang Jiechi, diplomat dan direktur tingkat tinggi Tiongkok dari Kantor Urusan Luar Negeri Komisi Pusat Partai Komunis, mengatakan bahwa Washington harus menahan diri dari tindakan yang merusak stabilitas dalam Laut Cina Selatan, dirilis Sputniknews.com, Sabtu 10-11-2018.

“Pihak Tiongkok menjelaskan kepada Amerika Serikat bahwa pihaknya harus menghentikan pengiriman kapal dan pesawat militernya dekat dengan pulau-pulau dan terumbu karang Tiongkok serta menghentikan tindakan yang merongrong kedaulatan dan kepentingan keamanan Tiongkok.

Dan kami mendesak Amerika Serikat untuk memainkan peran konstruktif untuk perdamaian dan stabilitas di Laut Cina Selatan. Itu pasti akan membantu mengurangi risiko keamanan, ”kata Yang Jiechi.

Sementara itu, perwakilan Amerika Serikat menyatakan keprihatinan mereka atas apa yang mereka sebut sebagai meningkatnya militerisasi di Laut Cina Selatan dan bersikeras agar Beijing menarik misilnya dari Kepulauan Spratly yang disengketakan (“Nansha” dalam bahasa Cina).

Yang Jiechi menyatakan bahwa kedaulatan Cina “tak terbantahkan “atas kepulauan dan perairannya yang berdekatan.

“Di wilayahnya sendiri, Cina melakukan beberapa konstruksi untuk membangun fasilitas sipil dan fasilitas pertahanan yang diperlukan. Itu adalah hak pemeliharaan dan pembelaan diri yang telah disediakan oleh hukum internasional untuk negara berdaulat yang tidak ada hubungannya dengan militerisasi. Mereka sah, ”kata Yang Jiechi kepada wartawan.

Dialog diplomatik dan keamanan tahunan AS-Cina semula dijadwalkan akan diadakan di Beijing bulan lalu, tetapi dibatalkan di tengah meningkatnya ketegangan atas perdagangan. Siaran pers bersama menunjukkan bahwa kedua pihak setuju untuk tetap berkomitmen untuk “non-konfrontasi,” dan mendukung resolusi damai dari setiap perselisihan di wilayah yang diperebutkan.

Beijing saat ini mengendalikan sebagian besar pulau, terumbu karang dan beting di Laut Cina Selatan, yang juga diklaim oleh Filipina, Vietnam, Malaysia dan Taiwan.

Pada tahun 2016, pengadilan arbitrase berbasis di Den Haag memutuskan bahwa tidak ada dasar hukum bagi Cina untuk mengklaim hak atas wilayah yang jatuh dalam apa yang disebut “nine-dash line” – garis demarkasi samar-samar yang digunakan oleh Beijing untuk meletakkan klaimnya pada bagian terbesar dari perairan yang diperebutkan.

Cina menolak mengakui putusan itu dan menuntut agar perselisihan diselesaikan melalui negosiasi multilateral, melibatkan penuntut lain.

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *