J-20 Bisa Serang Sasaran Jarak Jauh

Pesawat tempur generasi kelima J-20 Chengdu kini dapat menyerang sasaran jarah jauh. Pesawat ini tahun lalu telah masuk dalam dinas militer dan berpartisipasi di China Airshow 2018.

Dilansir dari laman Sindonews (18/ 11), CCTV mengungkapkan bahwa pesawat itu telah dilengkapi dengan probe pengisian bahan bakar yang bisa ditarik, tertanam di sisi kanan kokpit. Hal itu untuk membantu pesawat tersebut tetap berada dalam mode siluman saat terbang lebih jauh, kutip Sputnik dari Air Force Times, Minggu (18/11/2018).

Sebelumnya dilaporkan bahwa perlu usaha yang keras agar J-20 untuk tetap dalam mode siluman karena probe secara konsisten terbuka dan membuat pesawat tersebut terlihat sistem radar musuh. Kemudian diputuskan untuk menggunakan probe yang dapat ditarik kembali.

HARUS BACA :  Kelompok Helikopter di Langit Jakarta

Fitur lain untuk membantu J-20 tetap siluman adalah memungkinkan empat dari enam rudal onboard untuk disimpan secara internal, ahli militer Cina mengatakan kepada Global Times China.

Jarak pasti yang bisa dijangkau oleh pesawat tempur siluman yang dijuluki Powerfull Dragon tidak diketahui.

The Air Force Times menduga bahwa pesawat itu memiliki radius tempur 1.100 kilometer, memungkinkannya untuk melakukan serangan dan penyadapan jarak jauh. Dengan kemampuan pengisian bahan bakar udara, J-20 dapat memperluas jangkauannya, memungkinkan China untuk melakukan patroli yang lebih baik di perairan yang disengketakan.

HARUS BACA :  500 Calon Bintara dan Tamtama TNI AL Siap Jalani Tes di Lanal Cilacap
HARUS BACA :  Singapore Conducts Air-Land Integrated Live Firing Exercise in the US

Perancang kepala J-20 mengatakan bahwa kemampuan tertentu tidak dapat ditampilkan pada pameran udara baru-baru ini, mencatat bahwa dunia harus menunggu dan melihat apa yang J-20 tawarkan.

J-20, platform tempur yang menurut para ahli China lebih unggul dari F-22 Raptor AS dan F-35 Lightning II Joint Strike Fighter – dimasukkan ke dalam unit tempur China pada bulan Februari.

HARUS BACA :  Sertijab Aspers Kaskostrad dan Kapen Kostrad

Pesawat itu diuji dalam latihan tempur, bagaimanapun menurut South China Morning Post, pesawat diharapkan untuk menerima mesin baru yang akan memungkinkannya untuk mencapai potensi penuh, menurut laporan.

Photo: J-20 fighter jets perform aerobatic stunts during Airshow China 2018 (eng.chinamil.com.cn/ photo by Wang Weidong)

Editor: ()

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

HARUS BACA :  Yonarhanud 1 Kostrad di Latihan Ancab TNI AD 2018

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Rakyat Iran Khawatir Atas Dampak Sanksi Baru AS

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here