Centurion

Ketika berbicara tentang tank terbaik dalam sejarah, nam-nama yang muncul selalu Tiger, T-34, M-1 Abrams. Dan selalu dari negara yang sama: Jerman, Rusia, Amerika.

Bagaimana dengan tank Inggris? Baik mari akui, meskipun Inggris adalah negara yang mengembangkan  kendaraan tempur lapis baja di Perang Dunia I, tank-tank Inggris dari era Perang Dunia II secara umum dapat digambarkan dalam satu kata: mengerikan.

Ada tank yang hampir tidak bisa bergerak bahkan tanpa diserang musuh sama sekali. Tank yang bisa berjalan cepat terlalu tipis lapis baja, atau berat lapis baja tapi terlalu lambat. Tangki dengan radio yang tidak bekerja. Tank dengan senjata yang bisa menembak amunisi  armor-piercing ke tank  lainnya, tetapi putaran tidak memiliki hulu ledak tinggi dan senjata antitank.

Inggris memiliki beberapa keberhasilan di sana-sini.  Tank Matildas  yang mampu merobek baju besi tank ringan Italia  pada tahun 1940, Tank  tank penyembur api Crocodile yang kehadirannya membuat tentara Jerman  ketakutan, atau tank ” Funny  yang terbukti sangat berharga di D-Day. Tapi secara keseluruhan tank-tank Inggris seperti Crusader terbukti mengecewakan.

Ada alasan di balik kegagalan. rel kereta api Inggris  terlalu sempit untuk mengangkut kendaraan besar seukuran Tiger Jerman. Korps tank Inggris saat Perang Dunia II  terjebak di antara orang-orang yang ingin tank ringan cepat yang pada dasarnya kavaleri kuda, dan orang-orang yang ingin tank infanteri berat lambat untuk membantu para prajurit saat menyerang musuh. Pada akhirnya, banyak unit Inggris yang dilengkapi tank Sherman Amerika yang diberikan melalui program  Lend-Lease. Sherman sebenarnya kendaraan yang biasa-biasa saja tetapi  setidaknya  dapat lebih diandalkan.

Armor Inggris telah dikirim ke  Afrika Utara, namun kampanye Normandia pada musim panas tahun 1944 adalah mimpi buruk yang nyata. Awak Inggris dan Amerika harus mengatasi  tank berat Panther dan Tiger Jerman   yang memiliki meriam kuat hingga menimbulkan kerugian besar pada lapis baja Sekutu.

Dan kemudian pada tahun 1945, Inggris melakukan hal yang benar.  Centurion secara umum mungkin bisa dikatakan tank  terbaik selama tahun 1950 dan 1960-an. Meskipun hanya diterjunkan beberapa bulan setelah Perang Dunia II berakhir.

Centurion terbukti sebagai desain yang baik dan  masih beroperasi hingga kini dengan tentara Israel dan beberapa negara lainnya.

Centurion mulai hidup pada tahun 1943 yang diusulkan sebagai tank  cruiser, tapi dengan memasukkan pengalmaan pahit selama  Perang Dunia II. Tank ini  dapat diandalkan, memiliki armor yang baik dan meriam  kecepatan tinggi.

Tank ini memang bukan yang tercepat, tetapi memiliki  mobilitas lintas negara yang baik. Dan, karena kereta api Inggris tidak bisa menampung kendaraan besar, maka tank ini tidak  lebih dari sepuluh kaki delapan inci.

Centurion Mk 2 yang masuk ke produksi pada November 1945 memiliki berat 45 ton, lebih ringan dari King Titer Jerman dengan berat 68  ton. Mk 2 menggunakan  meriam 77 milimeter (yang telah terbukti mampu merobohkan tank lapis baja tebal  Jerman di Northwestern Eropa), dan mesin V-12 yang menghasilkan 600 tenaga kuda V-12.

Tapi varian  Mk 5 yang melambungkan nama Centurion.  Varian ini mengguankan meriam  legendaris L-7  105 milimeter dan mungkin menjadi meriam tank terbaik era Perang Dingin.

Next: Meraih Ketenaran Abadi

Kami sangat menghargai pendapat anda. Bagaimanakah pendapat anda mengenai masalah ini? Tuliskanlah komentar anda di form komentar di bagian bawah halaman ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here